Ditemukan! Jenis Warna Baru di Dunia

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 10 Juli 2016 11:01
Ditemukan! Jenis Warna Baru di Dunia
Keunikan lain dari pigmen warna buatan Subramanian ialah tidak adanya campuran bahan kimia berbahaya.

Dream - Ilmuwan asal Universitas Oregon, Mas Subramanian dan timnya berhasil menemukan spektrum warna baru. Mereka berhasil menemukan warna baru yang diberi nama biru YInMn.

Nama YInMn dipilih karena merupakan kependekan dari tiga pembentuk elemen biru tersebut. YInMn terdiri dari elemen Yttrium, Indium, dan Mangan.

Saat pertama kali melihat warna tersebut, beberapa orang berpikir barangkali akan berpikir pernah melihat komposisi warna tersebut. Bahkan ada yang berkomentar mengenai persamaan warna tersebut dengan warna biru kobalt.

Menurut laman today.com jika dicermati lebih mendetail ada yang berbeda dengan biru YInMn. Menurut laporan penelitiannya, Subramanian mengatakan ada dua spektrum warna yang tak tampak dalam biru YInMn.

Warna yang tidak nampak dalam biru YInMn adalah pigmen biru merah dan hijau. Dua warna pigmen warna itu terserap oleh ion-ion mangan sehingga tergantikan warna biru YInMn.

Struktur pigmen unik ini dapat bertahan lama dan tidak mudah pudar. Untuk itu, Subramanian mengatakan, warna ini dapat digunakan pada bangunan atau atap. Sebab, keunikan warna ini dapat memantulkan infra merah yang dapat membuat dingin atap.

" Elemen struktur dasar kristal yang kami gunakan dalam pigmen warna ini sebelumnya sudah banyak diketahui banyak orang. Tetapi, tidak ada yang menggunakannya untuk tujuan tertentu," kata Subramanian, dilansir dari laman Today.

Keunikan lain dari pigmen warna buatan Subramanian ialah tidak adanya campuran bahan kimia berbahaya.

" Sejak maasa masyarakat Mesir, orang-orang berpikir mengenai bahan pembuat warna biru yang aman dan bebas dari masalah racun dan daya tahan," kata dia. (Ism) 

Beri Komentar