Inikah Ular Terbesar di Dunia?

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 13 April 2016 12:12
Inikah Ular Terbesar di Dunia?
Dengan berat lebih dari 249 kilogram, ular sanca kembang itu kemungkinan akan memecahkan rekor baru.

Dream - Seekor ular sanca kembang (python retikulasi) raksasa yang memiliki panjang lebih dari delapan meter ditemukan di Malaysia. Temuan ini dapat jadi memecahkan rekor dunia baru sebagai ular terbesar yang pernah tertangkap.

Dengan berat lebih dari 249 kilogram, ular sanca kembang itu kemungkinan akan memecahkan rekor dunia baru. Sebab, hanya segelintir ular jenis ini yang sebelumnya tertangkap diketahui panjangnya melebihi lebih dari 6 meter.

Ular sanca raksasa itu ditemukan di Pulau Penang, sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat Malaysia. Jika ukuran ular sanca itu akurat, maka akan menjadi ular terbesar di dunia dan melampaui Medusa, seekor ular dari jenis sanca yang memiliki panjang 7,62 meter.

Menurut DailyMail, dalam catatan Guinness World Records, Medusa berada di AS. Ular tersebut saat ini mengisi rumah pertunjukkan bernama The Edge of Hell Haunted House di Kansas City dan terkenal setelah menelan seekor rusa bulat-bulat.

Ular sanca adalah binatang reptil asli Asia Tenggara. Selama bertahun-tahun, ular jenis ini diklaim sebagai yang terpanjang di dunia. Meski begitu, anaconda, yang berasal dari Amerika Selatan, tetap menjadi pemegang rekor spesies ular terberat di dunia.

Seperti anaconda, sanca adalah ular pembelit (konstriktor). Mereka memangsa dengan meremas dan menghancurkan tubuh korbannya sampai tidak bisa lagi bernapas, sebelum akhirnya menelannya bulat-bulat.

Mangsa umum ular sanca meliputi mamalia seperti monyet, kera, babi, rusa dan kadang-kadang burung. Ular sanca dikenal sebagai perenang yang sangat baik. Ular sanca dapat ditemukan berada di laut dan dengan cara inilah mereka menyebar ke pulau-pulau di Asia Tenggara. (Ism) 

1 dari 3 halaman

Banjir Sampang Rendam Masjid, Warga Temukan Ular Piton Raksasa

Dream - Hujan deras menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Sungai Kemuning tak lagi mampu menampung air hujan, sehingga meluap sejak Jumat 26 Februari 2016 hingga saat ini.

" Hingga saat ini terus meluas," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Minggu 28 Februari 2016.

Banjir semakin parah, sebab air laut saat ini tengah pasang. Sedangkan posisi Kota Sampang lebih rendah dari permukaan air laut. Jadilah banjir itu terus meluas.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, banjir tersebut melanda 13 kelurahan. Berdampak langsung terhadap 11.468 kepala keluarga atau 34.225 jiwa.

" Daerah yang paling parah terjadi banjir adalah di Jalan Melati dan Mawar Kelurahan Dalpinang yang mencapai 1 meter karena merupakan dataran rendah," tutur Sutopo.


Saat ini, BPBD bersama TNI, Polri, Tagana, PMI, SKPD, relawan, dan masyarakat, terus melakukan upaya penanggulangan dampak banjir ini. Bupati Sampang telah menetapkan status Tanggap Darurat Banjir yang berlaku 12 Februari 2016 hingga 12 Maret 2016.

Dalam foto, banjir di Sampang memang cukup parah. Terlihat banjir merendam masjid dan juga rumah sakit. Saat banjir terjadi, masyarakat juga menemukan ular piton berukuran raksasa. 

2 dari 3 halaman

Belah Ekor Ular Derik yang Sering Berbunyi, Isinya Mengejutkan

Dream - Ular derik (rattlesnake) terkenal karena menjadi salah satu reptil yang paling mematikan di dunia. Banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan, Eastern Diamondback adalah ular derik yang paling berbisa.

Orang-orang yang tinggal di daerah yang banyak ular deriknya akan dengan mudah 
mengenali ular ini dari suara getaran pada ekornya.

Suara getaran pada ekor itu sebenarnya merupakan tanda peringatan bagi predator atau pemangsa.

Selain menggetarkan ujung ekornya, ular derik juga mengeluarkan suara berdesis sebagai tanda peringatan kedua.

Sara Viernum, ahli herpetologi di Wisconsin, mengatakan kepada LiveScience, suara derik sebenarnya dihasilkan oleh ruas-ruas yang terbuat dari keratin (materi yang sama yang menyusun kuku dan rambut) yang saling bergesek satu sama lain di ujung ekor ular tersebut.

Yang menarik, setiap kali ruas-ruas tersebut hilang, maka akan tumbuh lagi. Dan orang mungkin memperkirakan usia ular derik dari panjang ruas-ruas derik yang ada di ujung ekornya. Tetapi hal itu sama sekali tidak benar.

Sebab, ular derik bisa kehilangan ruas-ruas deriknya saat bertarung dengan binatang lain atau ketika melarikan diri dari predator. Ular derik bahkan bisa kehilangan ruas- ruas deriknya jika tersangkut di bebatuan.

Tetapi, pernahkah Anda tahu apa yang ada di dalam ruas ekor ular derik?

Sebagian mungkin mengira ada bola kecil di dalam ruas ekor ular ini yang bergetar hingga menimbulkan suara berderik. Namun lagi-lagi jawabannya tidak benar.

Duo ayah dan anak di kanal Youtube What's Inside mencoba memperlihatkan bagian dalam dari ekor ular derik. Mereka membeli ular derik yang sudah mati di eBay dan membelah ujung ekornya untuk menunjukkan isinya.

Ternyata di dalam ruas ekor ular derik itu tidak ada apa-apanya. Dan yang menarik, meski ularnya sudah mati, tetapi ekornya masih bisa mengeluarkan suara berderik ketika digoyang-goyangkan.

(Ism, Sumber: elitereaders.com)

3 dari 3 halaman

Geger `Godzilla` Tertangkap Kamera di Kepulauan Galapagos

Dream - Seekor hewan mirip binatang mitos dalam film `Godzilla` tertangkap kamera. Binatang itu sedang berenang di bawah permukaan Samudra Pasifik. Penampakan ini sontak menggerkan dunia maya.

Dalam sebuah rekaman video, terlihat hewan seukuran tubih manusia dewasa dengan panjang enam kaki atau hampir 2 meter itu, sedang mencari makan di dasar laut.

Video itu direkam oleh seorang penyelam bernama Steve Winkworth, di Cabo Marshall. Tempat menyelam di pesisir utara Isabela di Kepulauan Galapagos.

Sejak diunggah ke Reddit awal pekan ini dengan judul 'Tiny Godzilla nomming on things underwater,' video ini menyebar secara global.

Iguana laut, seperti yang difilmkan sedang makan ganggang ini adalah vegetarian. Saat berada di dalam air, hewan itu tampak ahli dalam mencari makan. Mereka mampu menyelam hingga dalam 9 meter.

Dengan gerakan dan fisik yang buas, hewan itu sontak dijuluki sebagai 'Godzilla' oleh para netter, penasaran seperti apa? Berikut videonya (Ism, Sumber : Youtube/ 
Steve Winkworth)

Beri Komentar