Inilah Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 27 Juli 2015 10:03
Inilah Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami
Tulisan pada resep yang diberikan dokter memiliki kode rahasia dibaliknya.

Dream - Seringkali, setiap kita berkunjung ke dokter dan memperoleh resep, tulisan yang tertera di resep tersebut sulit terbaca. Tulisan di resep itu lebih terlihat seperti coretan anak-anak yang sedang belajar menulis.

Tapi, ternyata ada kode rahasia pada setiap resep dokter. Dokter memang biasa menjaga kerahasiaan resep yang ditulisnya agar si pasien tidak dengan mudah menggunakan resep itu. Karena setiap resep obat yang diberikan dokter memerlukan diagnosis terhadap penyakit pasien terlebih dahulu.

Biasanya, dalam resep dokter ada singkatan-singkatan yang merujuk pada istilah ilmiah tertentu. Misalnya, a.c, b.d, dan b.i.n. Singkatan a.c merupakan kependekan dari ante coenam (sebelum makan); b.d berarti bis die (dua kali sehari); adapun b.i.n berarti bis in noctus (dua kali semalam), cap berarti capsula (kapsul), gtt artinya gutta (diteteskan) dan p.c. artinya post coenam (setelah makan) dan lain sebagainya.

Jeleknya tulisan dokter pada resep ternyata mengandung tujuan sangat penting bagi ilmu kedokteran.

Pertama, karena pasien tidak akan mudah memahami isi resep, jika resep obat yang ditulis dokter mudah dipahami pasien, maka dapat dimungkinkan bahwa pasien tersebut akan membeli obat yang sama di apotik jika mengalami gejala yang sama tanpa perlu periksa ke dokter. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Kedua, Pasien dapat melakukan kesalahan persepsi jika memahami isi resep tersebut. Itulah alasan mengapa tulisan dokter pada resep obat sangat susah untuk dibaca dan inilah rahasia kode pada resep dokter yang bertujuan untuk melindungi kerahasiaan resep obat agar tidak disalahgunakan.
 

1 dari 4 halaman

Menyapu di Malam Hari Seret Rezeki

Dream - Masyarakat Indonesia masih banyak yang mempercayai mitos-mitos atau suatu larangan yang belum diketahui kebenarannya dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. 

Salah satunya mitos yang masih dipercaya adalah larangan menyapu pada malam hari. Kepercayaan masyarakat menyebutkan seseorang yang menyapu di malam hari atau saat waktu gelap gulit, akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan rezeki.

Menyapu di malam hari juga dikatakan dapat membuang rezeki yang telah terkumpul sejak pagi hari. Bahkan ada pula yang berpendapat selain dapat menghilangkan rezeki, menyapu pada malam hari juga dapat mengundang nasib yang kurang baik.

Namun bila dilihat dari sisi logisnya, menyapu pada malam hari akan mempengaruhi daya lihat yang tak seluas pada siang hari.

Hal itu dapat mempersempit ruang lihat dan ruang gerak sehingga mempengaruhi tingkat kebersihan. Selain itu dari segi kesehatan bisa saja anda terserang dinginnya angin malam sehingga menyebabkan anda mengalami masuk angin.

2 dari 4 halaman

Mitos Foto Bertiga, Benarkah yang di Tengah Akan Mati?

Dream - Foto bertiga masih dianggap sebagai pamali atau terlarang oleh sebagian kalangan. Tindakan ini dipercaya bisa menyebabkan orang yang di tengah mengalami kesialan, bahkan parahnya dipercaya bisa menyebabkan kematian.

Namun jika ditelaah dalam padangan Islam, maka tidak ada kaitannya antara foto bertiga dengan meninggalnya seseorang. Siapapun boleh saja berfoto bersama dengan orang lain tanpa harus menghindari jumlah tiga karena takut mendapat bencana. 

Adab kesopanan dalam berfoto lah yang menjadi poin penting dan bukan jumlah orang yang berfoto. Bagi mereka yang mengumbar aurat saat sesi pemotretan tentu saja akan mendapatkan dosa yang pastinya harus dipertanggungjawabkan kelak

3 dari 4 halaman

Jangan Sembelih Hewan Saat Istri Sedang Hamil

Dream - Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar larangan " Jangan Menyembelih Hewan Saat Istri Sedang Hamil" . Bahkan saat istri tengah hamil ada yang melarang menyakiti hingga membunuh hewan. Sebab ada kekhawatiran kelak anaknya memiliki perangai yang tidak baik.

Selain itu lahir bisa dalam keadaan tidak sempurna, Naudzu billahi min dzalik. Lantas bagaimana penjelasan mengenai hal tersebut dalam syariat Islam. Terlebih jika menyembelih hewan yang boleh untuk dimakan, seperti sapi, ayam, dan kambing?

Menurut Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (NU), dalam kondisi ketika istri sedang hamil, tidak ada pantangan bagi suaminya untuk menyembelih hewan yang boleh dimakan dalam Islam, apabila memang untuk keperluan dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Misteri Hilangnya Huruf I dan O di Deretan Kursi Bioskop

Dream - Meluangkan waktu untuk menonton film demi merileksasikan pikiran dan berhenti dari rutinitas sejenak merupakan pilihan yang terbaik. Bila anda sering mengunjungi bioskop atau teater untuk menonton sebuah film, tentu sudah paham betul dengan dekorasi serta penataa ruang didalam bioskop.

Deretan kursi yang lebih sering didominasi warna merah menjadi ciri khas suatu ruang bioskop. Uurtan abjad menjadi susunan kursi penonton, namun tahukah anda mengapa urutan huruf " I" dan " O" tidak ada dalam barisan?.

Rupanya pihak cineplex sengaja menghilangkan huruf I dan O dikarenakan untuk memberikan kemudahan dalam membedakan huruf 1 dan 0. Ruang bioskop yang gelap seringkali membuat mata penonton terkecoh.

Beri Komentar