Kabar Terkini Janda Cianjur Ngaku Lahiran Tanpa Hamil, Anaknya Sudah Diberi Nama

Reporter : Sugiono
Rabu, 24 Maret 2021 09:40
Kabar Terkini Janda Cianjur Ngaku Lahiran Tanpa Hamil, Anaknya Sudah Diberi Nama
Nama yang terdiri dari tiga kata itu pasti mengandung doa dan harapan yang baik.

Dream - Sekitar pertengahan Februari 2021 lalu, jagat maya digemparkan dengan kasus janda asal Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang 'dihamili angin'.

Janda bernama Siti Zainah itu melahirkan bayinya dalam satu jam, dan kehamilannya disebut tanpa melakukan hubungan badan.

Waktu itu Zainah mengaku ada hal ganjil yang menyebabkan dirinya hamil. Katanya dia 'hamil gaib' akibat hembusan angin kencang lewat alat kelaminnya.

1 dari 5 halaman

Berawal dari Kisah Janda Melahirkan Tanpa Hamil

Berselang 15 menit, warga Desa Sukapura itu kemudian merasakan sakit di perutnya yang membesar seperti sedang hamil tanpa mengetahui penyebabnya.

Wanita 25 tahun itu kemudian melahirkan seorang bayi perempuan. Kasus ini heboh hingga mengundang perhatian polisi dan dinas kesehatan setempat.

Menurut Kepala Puskesmas Cidaun H Eman Sulaeman, hamil tanpa ada gejala seperti yang dialami Zainah biasa terjadi di dunia medis.

" Dalam dunia medis ada yang disebut cryptic pregnancy atau hamil samar, di mana si ibu tidak menyadari dirinya sedang hamil dan baru tau setelah tiba waktunya melahirkan, jadi hal ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi, walaupun kasusnya tidak banyak," tutur Eman.

2 dari 5 halaman

Melahirkan Tanpa Terlihat Hamil Menurut Pakar

Eman menambahkan, kehamilan yang samar itu bisa disebabkan dari bentuk organ tubuh dan riwayat KB yang dipakai. Sehingga proses kehamilannya tidak bisa terdeteksi.

" Adapun kabar yang beredar di kalangan masyarakat itu wajar, karena secara awam tidak mengetahui proses kehamilan, sedangkan proses kehamilan itu ada beberapa tahapan, salah satunya proses kehamilan tersembunyi," jelasnya.

" Setelah saya cek ke lokasi bersama Pak Kapolsek serta Pak Camat, keadaan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat, begitupun proses kelahirannya juga normal," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Kasus Janda Cianjur 'Dihamili Angin' Mulai Terungkap

Meski hamil samar bisa saja terjadi, tapi dalam prosesnya tetap membutuhkan seorang suami agar terjadi kehamilan. Makanya, polisi akhirnya berhasil mengetahui keberadaan ayah kandung dari bayi tersebut.

Polsek Cidaun kemudian memanggil Zainah dan suaminya yang bernama Muhammad Sofiuloh untuk dimintai keterangan terkait peristiwa tidak wajar tersebut.

Dalam pemeriksaan itu, terungkap jika Sofiuloh merupakan mantan suami Zainah yang sudah bercerai secara agama pada empat bulan sebelumnya.

Tidak itu saja, Sofiuloh juga mengakui bahwa bayi perempuan yang dilahirkan secara ajaib oleh istrinya itu adalah darah dagingnya.

4 dari 5 halaman

Sempat Periksa Kandungan Sebelum Berpisah

" Jadi keduanya sudah dipanggil ke Polsek Cidaun. Lalu ditanya-tanya. Mantan suaminya sudah mengakui anaknya," jelas Camat Cidaun Herlan Iskandar.

Menurut Herlan, sebelumnya Zainah pernah memeriksakan kandungan ke bidan pada bulan Juli 2020 bersama suaminya. Waktu itu mereka belum berpisah.

Namun waktu itu bidan belum bisa menentukan apakah Zainah sudah hamil atau belum. Makanya, kehidupan pasangan tersebut berlanjut seperti biasa karena menganggap tidak ada tanda kehamilan.

Tetapi, pada empat bulan sebelum melahirkan bayinya secara ajaib, Zainah memilih berpisah dari suaminya secara agama.

5 dari 5 halaman

Bayi Perempuan Itu Telah Diberi Nama

Kini, bayi perempuan Zainah yang menghebohkan warga Cidaun itu pun telah diberi nama, yakni Syahda Rizkya Zaenia.

Herlan mengatakan meski tak tahu arti tiga kata dari nama putri Zainah, dia yakin itu pasti mengandung doa dan harapan yang baik.

Jika menebak dari nama-nama bayi yang sudah ada, Syahda Rizkya Zaenia kemungkinan memiliki arti bayi perempuan yang cantik dan lembut, yang hidupnya dipenuhi rezeki melimpah.

Proses kelahiran Syahda Rizkya Zaenia termasuk cepat. Dalam waktu 10 menit, Syahda lahir dengan bobot 2,9 kilogram.

Berbagai sumber

Beri Komentar