Kalahkan Grandmaster GothamChess, Pecatur Indonesia Malah Dituding Curang

Reporter : Sugiono
Senin, 8 Maret 2021 07:46
Kalahkan Grandmaster GothamChess, Pecatur Indonesia Malah Dituding Curang
Pak Dadang mengalahkan GothamChess dalam catur online yang disiarkan langsung melalui Twitch. Menang hanya dalam 10 menit.

Dream - Baru-baru sebuah kasus heboh bikin pendukung pemain catur Indonesia jadi kesal dan sebal dengan ulah suporter pecatur internasional.

Kejadiannya, seorang pemain catur asal Bandung bernama Pak Dadang Subur mampu mengalahkan pecatur internasional GothamChess.

Pak Dadang berhasil membungkam GothamChess saat di adu main catur online di situs Chess.com yang disiarkan langsung melalui Twitch.

Sekadar info, Chess.com merupakan situs untuk bermain catur paling terkenal di dunia maya yang banyak user-nya.

1 dari 5 halaman

Anak Pak Dadang yang bernama Ali Akbar mengatakan dia sengaja mendaftarkan ayahnya sebuah akun di Chess.com tersebut.

Dengan akun bernama Dewa Kipas, Pak Dadang bisa bermain catur secara online melawan para pecatur dari seluruh belahan dunia.

Rupanya, Pak Dadang ketagihan bermain catur lawan orang maupun bot secara online ini hingga bisa berada di rank tertinggi.

2 dari 5 halaman

Namun nasib Pak Dadang di kancah percaturan internasional malah berubah suram setelah bertanding lawan GothamChess.

Diketahui, GothamChess adalah GrandMaster Internasional dengan ELO 2400. Dia juga seorang YouTuber terkenal dengan ratusan ribu subscriber.

Singkat cerita, si GothamChess ini 'dipermalukan' oleh Pak Dadang ketika diadu secara online dan disiarkan melalui Twitch.

Dengan bidak hitamnya, Dewa Kipas berhasil mengalahkan GothamChess selama 10 menit pada 2 Maret 2021 lalu di depan ribuan penonton.

3 dari 5 halaman

Ternyata, para suporter GothamChess tidak mau terima junjungannya kalah oleh Dewa Kipas, sebuah akun tidak terkenal.

Mereka ramai-ramai melaporkan akun Dewa Kipas telah melakukan kecurangan saat melawan GothamChess di pertandingan tersebut.

Akibat pelaporan secara massal yang dilakukan suporter GothamChess, akun Dewa Kipas milik Pak Dadang diblokir di Chess.com.

4 dari 5 halaman

Ali tidak terima bapaknya dituding curang saat mengalahkan GothamChess. Pasalnya, bapaknya tidak tahu apa-apa masalah cheat atau hack.

" Bapak gw nggak tau apa-apa karena nggak bisa bahasa Inggris, jadi gw yang ngurusin app-nya, bapak gw tinggal mainin doang," ujarnya di Facebook.

5 dari 5 halaman

Menurut keterangan Ali, kecurangan yang dituduhkan suporter GothamChess kemungkinan karena bapaknya memiliki ELO 2300.

" Namun langkah dan cara bermainnya bagaikan orang dengan ELO lebih dari 2700 atau setara GrandMaster," imbuhnya.

Kata Ali, bapaknya bisa menang mungkin juga karena dulu memang seorang mantan pemain catur profesional yang sudah mengikuti banyak turnamen sejak muda.

Sumber: Instagram top_world.idn

Beri Komentar