Kebal Panas, Koki Goreng Ikan Pakai Tangan Kosong

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 4 November 2015 12:27
Kebal Panas, Koki Goreng Ikan Pakai Tangan Kosong
Prem Kumar dari New Delhi, India, memperlihatkan kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh juru masak top dunia manapun.

Dream - Kumar sepertinya sudah ahli dan biasa menggoreng dengan tangan kosong. Saat menggoreng ikan, Kumar mencelupkan tangannya ke dalam wajan yang penuh dengan minyak mendidih.

Pria 65 tahun ini membuka warung pinggir jalan di Karol Bagh yang memiliki ribuan pelanggan setiap harinya. Kebanyakan dari para pembeli hanya ingin menyaksikan aksi Kumar menggoreng dengan tangan kosong.

Setiap hari Kumar mampu menjual sekitar 150 kilogram ikan yang digoreng tanpa menggunakan alat.

" Saya biasanya menggunakan alat untuk menggoreng. Tetapi karena banyak orang yang datang dari seluruh India meminta saya untuk menggoreng dengan tangan, saya tidak bisa menolaknya," jelasnya dikutip Dream dari odditycentral.com, Selasa, 3 November 2015.

Kumar mengklaim mewarisi keahlian khusus tersebut dari ayahnya. Ajaibnya, duo ayah-anak ini tidak pernah mengalami luka bakar sedikitpun selama bertahun-tahun berjualan ikan goreng.

Meski terlihat aneh dan membuat banyak orang terheran-heran, Kumar mengatakan jika keahliannya itu bukan sihir. " Ini bukan sihir tetapi latihan yang dilakukan bertahun-tahun," tegasnya.

Ternyata, kemampuan manusia super yang dimiliki Kumar ada penjelasan ilmiahnya, yang disebut efek Leidenfrost.

Efek ini menyatakan jika manusia dapat mencelupkan tangan mereka ke dalam cairan yang sangat panas tanpa cedera jika sebelumnya memasukkan tangan ke air dingin. Dengan cara itu, cairan panas hanya memanaskan air pada kulit dan mengubahnya menjadi uap.

Uap tersebut akan menciptakan lapisan pelindung yang mencegah cairan melakukan kontak dengan kulit. Pelindung tersebut bekerja dalam waktu singkat, sehingga Anda harus cepat-cepat mengangkat tangan sebelum efek dingin hilang.

(Ism, Sumber: Odditycentral)

 

Beri Komentar