Makan Batu, Kebiasaan Ngidam Aneh Perempuan Hamil Kenya

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 31 Juli 2015 14:38
Makan Batu, Kebiasaan Ngidam Aneh Perempuan Hamil Kenya
Fenomena aneh ini disebabkan para perempuan hamil di Kenya kekurangan mineral tubuh seperti kalsium.

Dream - Ada-ada saja kebiasaan para perempuan hamil di Kenya. Sejumlah perempuan hamil di Kenya punya kebiasaan makan batu guna memuaskan rasa mengidam mereka. Batu-batu yang dimakan berupa pecahan batu-batu tambang yang banyak dijual di kios-kios pinggir jalan. Batu-batu itu mereka sebut odowa.

Dilansir dari VOA News, Jumat 31 Juli 2015, meskipun sejumlah ahli medis sudah melarang tindakan ini, beberapa perempuan hamil di Kenya masih melakukannya. Salah satunya, Joyce Natutu.

Ibu dua anak berusia 29 tahun ini mengaku tidak dapat menahan rasa mengidam odowa. Dengan tiba-tiba, secara alami, ia ingin makan odowa dan keinginan itu dirasakan dua kali selama masa kehamilan.

" Ketika saya hamil, terutama kehamilan yang terakhir, ada waktu di mana saya bangun dan merasa ingin mencoba batu itu. Saat saya menuangkan air di atas tanah, saya mencium bau batu itu. Bau odowa saya rasakan sebagai aroma yang enak, membangkitkan nafsu makan. Sejak saat itu saya mulai makan odowa dan tidak bisa berhenti," terang Joyce.

Dilaporkan, akhir-akhir ini kebiasaan makan batu seukuran gundu makin menyebar di banyak kota di Kenya. Untuk memenuhi permintaan para ibu hamil, batu-batu pun dijual di pinggir-pinggir jalan, di pasar-pasar kecil hingga pusat perbelanjaan di kota.

Leah Adhiambo yang merupakan seorang makelar batu mengatakan, kebiasaan makan batu makin populer dan pasar-pasar swalayan di Kenya justru menyambut baik. Banyak pedagang yang sengaja memajang batu-batu di tokonya. Odowa pun laris dan banyak dicari di pasaran.

" Kami menambahkan batu-batu itu di rak-rak toko kami hampir tiap minggu. Batu-batu itu terjual laris," ujar Leah.

Sementara menurut para pakar, fenomena aneh ini disebabkan para perempuan hamil di Kenya kekurangan mineral tubuh seperti kalsium. Mereka menilai ini sebagai kondisi kelainan kesehatan yang sangat serius.

Kebiasaan mengonsumsi odowa ini akan berujung pada munculnya infeksi. Lebih jauh lagi, batu-batuan yang dikonsumsi selama masa kehamilan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan daya pikir anak.

Beri Komentar