Ketika Selfie Berujung Kematian di Negara Islam

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 26 Agustus 2014 09:45
Ketika Selfie Berujung Kematian di Negara Islam
Polisi juga mengunggah langkah-langkah dan prosedur keselamatan yang harus diikuti oleh pengendara ke sosmed.

Dream - Selfie boleh saja, tapi harus tahu tempat dan situasinya. Baru-baru ini, Satuan Lalu Lintas Sharjah, Dubai mengatakan statistik menunjukkan bahwa angka kecelakaan tinggi karena disebabkan penggunaan ponsel saat mengemudi.

" Mengemudi adalah aktivitas satu-satunya jika berada di belakang kemudi. Ratusan ribu orang terluka setiap tahun akibat terpecah perhatiannya saat mengemudi. Sehingga korban luka, bahkan meninggal tak bisa dicegah," kata Mayor Abdul Rahman Khatr, direktur komunikasi di Kepolisian Sharjah.

Ditambahkan Mayor Rahman Khatr, pengemudi sebaiknya menggunakan ponsel saat sudah sampai di rumah. " Jangan itu menjadi selfie atau video terakhir," kata dia.

Dalam tujuh bulan terakhir, kepolisian Sharjah telah menangkap 8.154 pengendara motor karena melanggar aturan lalu lintas. Jumlah itu naik dari 7251 pada 2013.

Menurut Mayor Rahman Khatr, meskipun sudah diberi peringatan berulang kali, banyak pengendara yang bandel menggunakan ponselnya saat mengemudi.

Padahal, jika tertangkap akan diberi denda Dh200 (Rp637 ribu), kata Mayor Rahman Khatr. Pelanggaran terbanyak di Sharjah adalah pengendara yang melakukan selfie dengan ponsel saat mengemudikan kendaraannya.

Mayor Rahman Khatr mengatakan banyak hal yang bisa mengalihkan perhatian orang ketika mereka mengemudi - anak-anak, hewan peliharaan, radio dan gadget atau smartphone.

Untuk itu kepolisian Sharjah menggelar kampanye safety driving untuk meningkatkan keselamatan pengendara sebagai bagian dari Rencana Strategis Departemen Dalam Negeri.

Tips safety driving akan diberikan kepada masyarakat di kota Sharjah dan Wilayah Timur melalui brosur dan booklet dalam bahasa Arab dan Inggris.

Selain itu, polisi juga mengunggah langkah-langkah dan prosedur keselamatan yang harus diikuti oleh pengendara di akun media sosial mereka (Twitter, Facebook. YouTube dan Instagram).

(Ism, Sumber: Gulf News)

Beri Komentar
6 Pahlawan Nasional 2018