Kisah Mistis Danau Sentani Sebelum Papua Banjir

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 Maret 2019 13:15
Kisah Mistis Danau Sentani Sebelum Papua Banjir
Sepekan setelah kemunculan makhluk mitos itu, Danau Sentani banjir.

Dream - Masyarakat Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, dilanda kemalangan. Banjir bandang akibat luapan Danau Sentani membuat tempat tinggal mereka porak poranda.

Bencana yang terjadi pada Sabtu, 16 Maret 2019, itu menelan 113 korban jiwa. Sementara, 107 orang mengalami luka berat, 108 luka ringan, dan 94 orang dinyatakan hilang.

Ada kisah mistik seputar Danau Sentani yang hingga kini diyakini masyarakat setempat. Ada kepercayaan terdapat seekor naga yang menjadi penunggu danau dengan pemandangan indah di Papua tersebut.

Dikutip dari Pojoksatu, sebelum banjir terjadi, sebagian warga sempat melihat penampakan mengerikan di Danau Sentani. Bentuknya terlihat seperti seekor naga.

Entah berkaitan atau tidak cerita ini dengan musibah banjir yang menyebabkan lebih dari seratus orang meninggal dunia itu, yang jelas di kalangan masyarakat cerita tentang naga itu dipercayai turun temurun.

1 dari 2 halaman

Muncul Saat Tertentu

Di Danau Sentani terdapat sekitar 22 pulau kecil dengan 24 desa adat. Salah satunya adalah Desa Ayapo yang memiliki ciri khas bangunan tempat tinggal terapung.

Warga Desa Ayapo mengaku sempat melihat makhluk misterius di tengah danau. Pemilik akun @FloNadayang sempat merekam penampakan itu dan mengunggahnya di Twitter.

" Dlm bahasa Sentani, makhluk ini disebut Walobho yg berarti tuang tanah/penjaga tanah. Setiap ada kepala suku mangkat, perang antar kampung atau bencana, makhluk ini terlihat muncul di permukaan air danau," cuit dia.

Meski demikian, tidak ada informasi pasti mengenai makhluk tersebut. Pemilik akun hanya mengatakan foto tersebut diambil sebulan sebelum terjadinya banjir.

" Foto ini diambil 1 bulan sebelum kejadian banjir bandang. Ada 1 marga di Sentani yang memiliki kemampuan untuk melihat mahluk ini. Marga ini tinggal di kampung Ayapo/pulau Ayapo," kata dia.

2 dari 2 halaman

Sepasang Kura-kura Raksasa

Dia juga mengatakan cerita mengenai makhluk penghuni Danau Sentani didapatnya dari sang ibu. Saat dia masih kecil, ibunya sering bercerita mengenai penjaga Danau Sentani, namun bukan naga melainkan sepasang kura-kura raksasa berwarna putih.

Dua ekor kura-kura itu merupakan pasangan jantan dan betina. Ketika muncul di permukaan, terlihat seperti hamparan pasir putih.

Biasanya, kata dia, makhluk legenda itu muncul ke permukaan jika ada kepala suku atau ondofi akan meninggal dunia.

" Karena di Sentani jarang terjadi bencana alam, di saat mahluk ini muncul, warga kampung mengira akan ada kepala suku/ondoafi yang mangkat," tulis dia.

Sepekan setelah kemunculan makhluk itu, tidak ada satupun kepala suku yang meninggal dunia. Warga Danau Sentari rupanya lupa kemunculan makhluk itu tidak hanya ketika akan ada yang meninggal, namun juga akan terjadinya bencana.

Selain kura-kura, sebagian warga meyakini penunggu Danau Sentani adalah naga. Ini mengingat Danau Sentani dan pegunungan Cycloops memiliki bentuk menyerupai naga.

Sumber: Pojoksatu.id

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'