Kontroversi Maskot 'Arab' di Sekolah Amerika

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 2 September 2014 16:31
Kontroversi Maskot 'Arab' di Sekolah Amerika
Selama bertahun-tahun, maskot berevolusi dari penunggang kuda bersorban membawa tombak hingga sosok Arab berwajah seram dengan penutup kepala tradisionalnya.

Dream - Tim sepakbola Coachella Valley High School di California pada Jumat lalu, tidak menyertakan maskot mereka, yakni pria Arab bermuka seram lengkap dengan kerudungnya.

Tim penari perut yang biasa muncul bersama maskot juga nampak tidak muncul di musim pembuka pertandingan sepakbola di sekolah tersebut.

The Desert Sun melaporkan perubahan itu sebagai langkah Valley Unified School di Distrik Coachella untuk mendesain ulang wajah maskot secara perlahan.

Maskot pria Arab telah ada sejak 1920-an untuk mengenang ketergantungan wilayah gurun di California itu pada pertanian kurma, tanaman khas Timur Tengah.

Selama bertahun-tahun, maskot berevolusi dari penunggang kuda bersorban membawa tombak hingga sosok Arab berwajah seram dengan penutup kepala tradisionalnya.

Maskot itu mendapat kritik pada November lalu ketika Komite Amerika-Arab Anti-Diskriminasi mengirimkan surat kepada sekolah. Mereka menyatakan maskot itu melanggengkan stereotip merendahkan orang Arab dan Arab Amerika.

Distrik menolak untuk mengubah 'Arabs' sebagai julukan sekolah, tetapi setuju mendesain ulang wajah maskot Arab pada logo sekolah.

Sekolah distrik telah menyerahkan lima desain kepada kelompok hak-hak sipil musim semi lalu. Maskot yang memperlihatkan sosok pria Arab berwajah lebih ramah dengan jenggot rapi akhirnya terpilih.

" Kami menyerahkan maskot baru itu kepada para ahli dan anggota masyarakat," kata juru bicara komite Abed Ayoub. " Kami menunggu logo itu mendapat persetujuan dan ternyata hasilnya positif."

Namun logo lama masih terlihat di tanda Selamat datang sekolah, website sekolah dan mural besar di gym kampus.

Coachella Valley High School mengatakan distrik mereka akan membuat pernyataan bersama dengan kelompok anti-diskriminasi untuk membahas penyelesaian akhir kontroversi maskot tersebut.

(Sumber: Al Arabiya)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya