Langka! Kim Jong-un Puji Korea Selatan Negara yang Mengesankan

Reporter : Sugiono
Selasa, 13 Februari 2018 18:01
Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan jadi pemicunya.

Dream - Sebuah peristiwa bersejarah dan langka terjadi di Semenanjung Korea. Betapa tidak, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memuji Korea Selatan sebagai negara yang sangat mengesankan.

Hal itu Kim ungkapkan setelah saudara perempuannya dan para atlet Korea Utara kembali dari partisipasi penting mereka di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA mempublikasikan sebuah laporan pendek tentang pertemuan Kim dengan delegasi yang baru tiba dari Pyeongchang pada hari Selasa kemarin.

" Setelah menerima laporan delegasi tersebut, Kim Jong-un menyatakan kepuasannya dan mengatakan bahwa sisi selatan sangat mengesankan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota tim DPRK yang ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin," KCNA melaporkan.

KCNA menambahkan bahwa pemimpin Korea Utara 'mengucapkan terima kasih' kepada Seoul.

Penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan telah memicu momen langka dan tidak terduga di Zona Demiliterisasi setelah berbulan-bulan mengalami ketegangan akibat program senjata nuklir dan uji rudal Pyongyang.

Setelah berbulan-bulan menolak undangan dari Korea Selatan untuk menghadiri Olimpiade, Kim membuat kejutan dalam sebuah pidato Tahun Baru.

Korea Utara telah mengirim atletnya ke resor ski Pyeongchang di Korea Selatan, lengkap dengan pemandu sorak.

Pyongyang juga mengirim delegasi diplomatik di bawah pimpinan adik Kim Jong-un yang bernama Kim Yo-jong.

Kim Yo-jong menjadi anggota pertama dari dinasti penguasa Korea Utara yang menginjakkan kaki di Selatan sejak berakhirnya Perang Korea.

Dia bahkan berjabat tangan beberapa kali dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Tidak itu saja, Kim Yo-jong juga bersorak menyambut tim hoki es Korea bersatu.

Kim Yo-jong juga menyampaikan undangan kakaknya untuk Moon Jae-in ke sebuah pertemuan puncak di Pyongyang.

(Sah/Sumber: thestar.com.my)

 

Beri Komentar
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!