Inikah Barang Termahal yang Pernah Dijual di e-Commerce?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 4 Januari 2018 07:15
Inikah Barang Termahal yang Pernah Dijual di e-Commerce?
Hanya orang berduit yang mungkin sanggup membeli.

Dream -  Toko online bukan cuma milik orang yang berprofesi sebagai pedagang. Semua orang bisa menjual barang termasuk pengadilan. Lembaga hukum negara juga bisa memanfaatkan situs jual beli, tenar disebut e-Commerce, untuk “ menjual” sesuatu, entah barang maupun bangunan.

Metode inilah yang dipakai sebuah pengadilan di Tiongkok. Para pengadil ini memanfaatkan e-commerce terkenal China, Taobao, untuk melelang sebuah gedung pencakar langit. Harga penawarannya dibuka dari angka 553 juta yuan (Rp1,14 triliun).

Dilansir dari Mynewshub, bangunan yang dilelang itu bukan gedung biasa. Gedung yang berlokas di Taiyuan, Shanxi, Tiongkok, itu memiliki tinggi 156 meter dan luas 76 ribu meter persegi. Menjulang dengan 39 lantai. 

Awalnya, gedung itu akan dijadikan hotel. Namun, proyeknya mandek pada 2010 karena kehabisan dana. Alhasil, bangunan jadi terbengkalai.

 Penampakan iklannya.

Jika kamu berselancar ke Taobao, akan terlihat sebuah iklan penjualan gedung yang dibuat pengadilan. Sayang foto yang diunggah tak cukup menarik. Terlihat bangunan yang gelap dan lantai berdebu.

Pengadilan di Tiongkok memang sudah sering menggunakan laman e-commerce untuk melelang aset tak bertuan sitaan. Harapannya, metode ini bisa membuat bangunan sitaan ini laku terjual. 

Pada November 2017, sebuah bangunan setinggi 28 tingkat pernah dijual oleh pengadilan daerah di Zhejiang, Tiongkok. Harga penawaran dibuka per 219 juta yuan (Rp453,83 miliar).

Namun berhasilkah cara mereka? Ternyata menjual gedung tak semudah dikira. Pelelangan gedung itu gagal karena pengadilan tak bisa menerima penawaran dari sembarang orang.

(Sah)

 

Beri Komentar
BTS Jadi Artis Pertama Gelar Konser di Stadion Arab Saudi