Makan Kue Bulan, Darah Pria Ini Berubah Jadi Putih Susu

Reporter : Idho Rahaldi
Selasa, 10 September 2019 13:12
Makan Kue Bulan, Darah Pria Ini Berubah Jadi Putih Susu
Petugas medis merasa ada yang janggal ketika mendapati aliran darah Wang sangat lambat...

Dream - Bagi etnis Tionghoa, kue bulan tentu bukan menu asing lagi. Di China, kue ini bahkan ada festivalnya. Moon cake festival. Perayaan ini sangat istimewa untuk menyambut musim gugur.

Namun, kue bulan ternyata tak hanya ada di Negeri Tirai Bambu itu saja. Di Indonesia, kue bulan juga cukup terkenal, khususnya bagi kalangan etnis Tionghoa.

Dengan rasa sangat lezat cemilan ini kerap menjadi primadona. Tapi ingat, jangan makan berlebihan, karena kue bulan mengandung gula dan lemak dalam jumlah yang sangat tinggi.

 Kue Bulan© dream.co.id

Bila berlebihan, akan sangat berbahaya. Seperti halnya yang dialami pria paruh usia bemarga Wang berikut ini.

Dikutip dari laman World Of Buzz, Selasa 10 September 2019, pria asal Hangzhou, China, ini selalu memiliki stok kue bulan melimpah di rumahnya.

Karena takut mubazir, Wang memutuskan memakan tiga sampai empat kue setiap hari. Kebiasaan ini dilakukan kurang lebih empat bulan belakangan.

1 dari 4 halaman

Darah Berwana Putih

Wang yang sebelumnya sudah menderita sakit gagal ginjal, satu waktu pergi ke klinik untuk perawatan cuci darah rutin. Setibanya di sana, petugas medis segera mengambil darah untuk diperiksa.

Petugas medis merasa ada yang janggal ketika mendapati aliran darah Wang sangat lambat.

Dan saat aliran darah mulai keluar, mereka melihat darah Wang sangat keruh dan bagian-bagiannya berwarna putih susu.

 Kue© dream.co.id

Dokter mengirim darah Wang untuk diperiksa di laboraturium dan hasil laporan itu langsung dirilis di hari yang sama.

2 dari 4 halaman

Kadar Lemak Darah Tinggi

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kadar trigliserida dalam darahnya adalah 16,6 mmol/L, yang sepuluh kali lebih tinggi dari orang normal.

Mayo Clinic melaporkan bahwa kadar trigliserida orang normal biasanya kurang dari 1,7 mmol L.

Jika kamu belum tahu, trigliserida merupakan jenis lemak yang bisa ditemukan dalam aliran darah manusia.

Dari hasil itu pun dokter segera menghubungi Wang dan mengatakan bahwa ia tak bisa menikmati kue bulan lagi.

Dokter mengingatkannya bahwa kandungan gula dan lemak dalam kue bulan sangat tinggi dan terlalu banyak makanan manis ini tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi seseorang yang sudah memiliki sakit sebelumnya.

Untung bagi Wang kondisinya segera diketahui dan ditangani dengan baik. Sejak itu, dia berjanji akan mengubah kebiasaan makan.

3 dari 4 halaman

Tips Membuat Kue Sehat Rendah Kalori

Dream - Roti atau cake memang memiliki rasa yang lezat. Tapi umumnya makanan ini banyak dihindari oleh kaum wanita. Apalagi mereka yang sedang menjalani diet.

Kandungan gula, mentega, susu dan lainnya memang banyak mengandung kalori tak bersahabat dengan badan. Bagi Anda yang ingin menikmati kue tanpa was-was takut gemuk, berikut tips spesial yang dilansir Womenshealthmag.com:

4 dari 4 halaman

Menggantikan Lemak Dengan Puree Buah

1. Menggantikan lemak dengan puree buah

Gantikan 50 persen butter dengan puree labu atau buah lainnya. Anda dapat menggantikan lebih banyak butter atau margarin dengan buahyang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


2. Menggantikan tepung dengan gandum utuh

Gantikkan tepung Anda sebanyak 20-50 persen dengan gandum. Namun hal itu akan mengubah rasa dan tekstur roti atau kue yang Anda buat.

3. Kurangi gula

Cobalah untuk mengurangi gula dalam resep agar Anda terbiasa dengan makanan yang tidak terlalu manis sehingga tak mengonsumsi gula terlalu banyak.

4. Gunakan susu skim

Gunakanlah susu rendah lemak atau susu skim. Namun tentunya akan mengubah rasa kue atau pun roti.

Semua tips di atas akan berbeda hasilnya pada setiap resep. Trial and error sangat diperlukan, cobalah hingga resep modifikasi Anda memiliki takaran yang pas.

Beri Komentar