Makhluk Aneh, Tubuh Kadal tapi Ekor Mirip Ular

Reporter : Sugiono
Selasa, 30 November 2021 15:45
Makhluk Aneh, Tubuh Kadal tapi Ekor Mirip Ular
Penampakan makhluk misterius tersebut membuat yang melihat merasa penasaran sekaligus terheran-heran.

Dream - Dunia ini memang penuh misteri. Begitu banyak hal tak terduga yang tertangkap lensa kamera. Tapi entah mengapa, semuanya sulit untuk dijelaskan hingga menyebabkan perdebatan.

Seperti misteri makhluk aneh yang terekam dalam kamera, yang videonya diunggah oleh akun Instagram @reelsemperor berikut ini.

Video penampakan makhluk misterius tersebut membuat yang melihat merasa penasaran sekaligus terheran-heran.

1 dari 5 halaman

Makhluk Berbadan Kadal, Ekornya Ular

Bagaimana tidak, makhluk tersebut terlihat sangat mirip dengan kadal. Namun lihat ekornya, justru mirip dengan ular.

Dalam video berdurasi 8 detik itu tampak binatang aneh itu bergerak ke sana ke mari, memamerkan ekornya yang sangat panjang.

Makhluk aneh, badannya kadal, ekornya ular.© Cuplikan Video Instagram

Uniknya, ekor dari binatang tersebut mampu bergerak layaknya seekor ular sedang melata di atas tanah.

2 dari 5 halaman

Ternyata Sejenis Kadal yang Unik

Menengok ke bagian komentar, banyak netizen yang merasa kagum. Tapi tidak sedikit yang penasaran dengan jenis dan namanya.

Makhluk aneh, badannya kadal, ekornya ular.© Cuplikan Video Instagram

Beruntung ada segelintir netizen yang bermurah hati menjelaskan tentang makhluk apa yang kepala hingga badannya kadal tapi ekornya mirip ular.

Makhluk aneh, badannya kadal, ekornya ular.© Cuplikan Video Instagram

Ternyata binatang tersebut memang sejenis kadal. Dalam bahasa Latin, kadal aneh itu disebut dengan Takydromus sexlineatus.

3 dari 5 halaman

Orang Sunda Menyebutnya Oloonyon

Sementara dalam bahasa Indonesia, binatang unik ini dinamakan kadal rumput. Orang Sunda menyebutnya orong-orong atau oloonyon.

Dalam bahasa Inggris, kadal rumput ini dipanggil dengan nama Asian grass lizard, six-striped long-tailed lizard, atau long-tailed grass lizard.

Kadal rumput yang bertubuh panjang dan ramping dari golongan Lacertidae ini tersebar luas di daerah tropis Asia Tenggara.

4 dari 5 halaman

Putuskan Ekor Jika Terancam

Kadal ini memiliki tubuh yang langsing dan panjang dengan kepala berbentuk lancip, lengan kaki yang panjang, dan ekor yang sangat panjang.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 29 cm dengan lebih dari separuhnya adalah ekornya. Di Indonesia, kadal ini tersebar di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan beberapa pulau di sekitarnya.

Kadal rumput aktif di siang hari dengan berburu serangga kecil seperti lalat, ngengat dan juga belalang yang berukuran kecil.

Seperti halnya cecak, kadal rumput mampu memutuskan ekornya sendiri (ototomi) ketika terancam. Meski sudah putus, ekor panjangnya tetap bisa bergerak-gerak. Ini akan mengalihkan perhatian pemangsanya.

Sumber: Instagram

5 dari 5 halaman

Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Art | Tech | Satisfying (@reelsemperor)

 

Beri Komentar