Males Bersihkan Make Up, Bulu Mata Wanita Ini Jadi Sarang Tungau

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 4 September 2019 17:12
Males Bersihkan Make Up, Bulu Mata Wanita Ini Jadi Sarang Tungau
Hii geli sendiri melihatnya...

Dream - Kamu pasti sudah tahu dan paham tentang pentingnya membersihkan wajah dari make up, terlebih sebelum tidur.

Namun, kondisi badan yang sudah sangat lelah usai seharian beraktivitas kerap membuatmu malas dan ingin langsung tidur saja.

Jangan suka lakukan kebiasan buruk tersebut ya. Bahaya tak membersihkan make up memang tidak akan segera kamu rasakan.

Namun, bisa dipastikan kamu akan merasakan dampak buruknya bila sering melakukan kebiasaan ini. Salah satunya seperti yang dialami seorang wanita dari Provinsi Hubei, China, berikut ini.

1 dari 5 halaman

Bulu Mata Rontok

Dikutip dari World Of Buzz, Rabu 4 September 2019, sejak 6 bulan lalu, wanita berusia 32 tahun ini mengalami mata gatal dan kering disertai bulu matanya yang rontok.

Wanita itupun akhirnya memutuskan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan matanya.

Dokter kemudian memeriksa mata wanita itu menggunakan mikroskop dan menemukan bahwa banyak tungau merangkak di sekitar bulu mata tempat kelenjar meibom berada.

Setelah diketahui ternyata tungau ini berkembang biak lantaran sang wanita tidak menghapus make up dengan benar sepulang bekerja.

" Tidak heran bahwa dalam enam bulan terakhir, mata saya selalu terasa kering dan gatal, dan bulu mata saya sering rontok," kata wanita itu.

2 dari 5 halaman

Demodex

Menurut Health Line, tungau ini disebut Demodex. Hewan ini memakan sel-sel kulit mati di folikel rambut.

 Tungau

Setiap orang memang memiliki hewan ini ditubuhnya, namun Demodex dapat berkembang biak secara tak normal jika orang itu jorok dan malas membersihkan diri.

Dokter kemudian menyarankan untuk selalu rutin membersihkan riasannya secara menyeluruh untuk mengurangi risiko pertumbuhan tungau yang tidak normal.

Selain itu, malas menghilangkan riasan juga dapat menyebabkan serangkaian penyakit mata seperti blepharitis dan konjungtivitis.

3 dari 5 halaman

Bentol Dikira Gigitan Nyamuk, Merinding Saat Tahu Penyebabnya

Dream - Pecinta kucing harus tahu bahaya kutu di bulu peliharaan kesayangan mereka. Jika sampai tergigit, seseorang akan merasakan gatal yang ekstrem.

Tetapi, ternyata hanya 5 persen kutu berbahaya yang bersarang di tubuh kucing. Sedangkan 95 persen sisanya ada di sekitarmu. Bisa di lantai, karpet, atau rumput taman.

Apa itu kutu kucing? Hewan ini berukuran sangat kecil dan suka bersembunyi di antara bulu-bulu kucing. Bagi pemilik kucing yang selalu peduli dengan kebersihan peliharaan, pasti jarang bermasalah dengan kutu. 

Biasanya parasit seperti ini akan mencari makanan dengan menghisap darahhewan yang dia hinggapi. Tapi ketika sumbernya terbatas, ia mulai menyedot darah korban yang rentan seperti manusia.

Sebenarnya, kulit manusia bukan habitat yang tepat untuk perkembangbiakan kutu kucing. Ini karena bulu yang ada di tubuh manusia tidak lebat.

Meski begitu, kutu kucing sangat mengganggu. Kulit manusia yang digigit kutu kucing akan mengalami gatal hingga kemerahan.

Jika sering digaruk, bisa timbul luka pada bagian tersebut. Namun demikian, pengalaman Rahayu Ramli di Facebook berikut ini sedikit banyak bisa meningkatkan kesadaran para pemilik kucing untuk lebih menjaga kebersihan hewan peliharaannya.

Apa yang diungkapkan Rahayu itu juga menyadarkan tentang bahaya kutu kucing terhadap orang yang ada di rumah, terutama anak-anak kecil.

4 dari 5 halaman

Dikira Gigitan Nyamuk

Setiap tidur malam selalu diserang dan rasanya sangat gatal sekali. Hari pertama diserang, aku kira gigitan nyamuk. Waktu itu hanya ada dua tanda merah.

Namun di hari kedua itu, sudah muncul 5 tanda merah bekas gigitan serangga. Jadi penasaran dengan jenis nyamuk yang menggigitku.

Padahal sudah pasang obat nyamuk bakar dan semprot, tapi masih ada saja serangan gigitan serangga.

Di hari ketiga, aku mulai curiga dengan kutu busuk. Tapi tak terlihat serangga itu di tempat tidur.

Selama 2-3 hari, aku mencoba mencari tahu serangga apa yang menggigitku dengan sangat gatalnya.

5 dari 5 halaman

Kenali Kutu Kucing

Akhirnya aku membeli kertas perekat lalat untuk menjebak serangga apa yang menyerangku hampir setiap malam.

Sebelum keluar rumah, aku taruh kertas perekat lalat di atas tempat tidur. Kemudian tutup pintu, sebab takut diacak-acak kucing di rumah.

Pulang dari kerja, aku langsung memeriksa kertas perekat lalat. Ternyata  itu  kutukucing. Aku pun teringat sebelum ini memang kucingku tidur sekali di tempat tidur.

Namun aku tidak menyangka kutu kucing bisa berpindah tempat dengan melompat.

Kutu kucing aktif saat kita matikan lampu dan kemudian tidur. Waktu itulah pasukannya menyerang kita.

Untuk menghilangkan gatal-gatal, gunakan dettol atau cetaphil. Keduanya akan mengurangi rasa gatal. Setelah itu oleskan minyak gamat untuk menyembuhkan lukanya.

Agar luka bekas gigitan kutu kucing cepat sembuh, pastikan memakai lengan panjang untuk mencegah menggaruk kulit yang terkena gigitan.

Rawatlah kucing Anda dengan baik, berantas kutu di tubuhnya dan mandikan kucing Anda secara teratur.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan