Mengejutkan, Alasan di Balik Mengambil Gambar Kamar Hotel!

Reporter : Sandy Mahaputra
Minggu, 10 Juli 2016 14:02
Mengejutkan, Alasan di Balik Mengambil Gambar Kamar Hotel!
Lalu apa hubungannya? Anda pasti akan terkaget-kaget.

Dream - Anda pernah mengambil gambar kamar hotel setiap kali melakukan perjalanan bisnis atau wisata? Sebaiknya Anda mulai membiasakan itu mulai sekarang.

Mengapa? Karena ada alasan yang sangat tepat untuk mengambil gambar kamar hotel Anda saat bepergian. Meski mungkin terlihat tidak menarik jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi, tapi gambar-gambar bisa menyelamatkan masa depan, bahkan nyawa seseorang.

Lalu apa hubungannya? Ternyata ada aplikasi gratis bernama TraffickCam yang sangat mengandalkan gambar-gambar yang dikirim penggunanya, untuk mengungkap kasus perdagangan orang.

Gambar-gambar kamar hotel, yang diunggah ke situs TraffickCam.org menggunakan aplikasi TraffickCam, akan membantu pihak berwenang menemukan lokasi para pelaku kejahatan menjalankan aksinya.

Anak-anak yang menjadi korban perdagangan orang sering dipaksa berbaring di atas tempat tidur dan difoto. Pelaku kemudian memanfaatkan Internet untuk menyebar foto-foto itu sebagai iklan yang ditujukan kepada pemilik pabrik gelap, brothel dan pedofil.

Tentu saja, hal itu selalu berakhir buruk bagi para korban. Mereka dipekerjakan di pabrik-pabrik gelap tanpa jaminan kesehatan dan kesejahteraan, atau tidak digaji sama sekali. Bahkan yang lebih buruk lagi, mereka dijadikan budak seks.

Dalam upaya untuk mengakhiri perdagangan anak, perdagangan seks, eksploitasi anak dan segala jenis perdagangan orang, polisi bergabung dengan Exchange Initiative. EI adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk membantu menghentikan perdagangan orang.

Aplikasi TraffickCam yang dibuat oleh EI memungkinkan pihak berwenang dengan mudah mengidentifikasi kamar hotel atau motel di seluruh dunia, yang digunakan untuk perdagangan orang.

Pihak berwenang akan membandingkan kamar yang tampak di iklan perdagangan orang dengan database foto yang diunggah oleh pengguna aplikasi TraffickCam.

Ketika menemukan kecocokan, polisi bisa langsung bergerak ke TKP. Dengan cara ini, mereka bisa lebih cepat dalam membebaskan para korban dan menangkap pelaku.

Sejauh ini, database TraffickCam berisi lebih dari 1,5 juta foto kamar hotel dari seluruh dunia.

(Ism, Sumber: elitereaders.com)

Beri Komentar