Mengenal Beragam Jenis Mie di Dunia

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 28 Juli 2015 20:00
Mengenal Beragam Jenis Mie di Dunia
Tak hanya di Indonesia, mie ternyata juga populer di dunia. Hampir tiap negara di Asia mengenal mie dengan beragam olahannya.

Dream - Mie merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu yang cukup banyak digemari orang. Bahkan bagi masyarakat Indonesia, makanan ini seolah menjadi makanan pokok kedua setelah nasi.

Tak hanya di Indonesia, mie ternyata juga populer di dunia. Hampir tiap negara di Asia mengenal mie dengan beragam olahannya.

Dilansir dari laman timesofindia.com, Selasa 28 Juli 2015, berikut ini 7 jenis mie yang terkenal di dunia.

1. Mie telur
Mie telur merupakan makanan yang populer di China. Di sana makanan ini biasa disebut I-Fu Mie. Ada beragam jenis mie telur, yakni mie telur tebal, tipis, pipih, bulat, basah dan kering. Berbahan dasar telur dan gandum, mie telur diolah dengan cara dimasak dalam air mendidih hingga melunak.

2. Mie ramen
Mie ramen berasal dari Jepang, namun kini mulai mendunia. Jenis mie ini terbuat dari telur dan gandum yang dikeringkan membentuk 'batu bata'. Ramen harus langsung dikonsumsi setelah direbus agar tidak mengembang. Di Jepang, ramen banyak digunakan untuk isi sup serta hidangan utama lain.

3. Mie Udon
Mie ini dikenal sebagai mie putih Jepang. Mie udon memiliki peran sangat penting dari masakan Jepang Selatan. Udon memiliki beragam bentuk dan ketebalan. Sebelum digunakan untuk hidangan tertentu, mie udon harus terlebih dahulu dimasak dalam air mendidih. Mie udon umumnya digunakan sebagai isi sup.

4. Mie soba
Mie soba merupakan makanan khas Jepang Utara. Mie soba berwarna cokelat dan terbuat dari gandum. Sebelum digunakan untuk berbagai jenis masakan, mie soba harus terlebih dahulu dididihkan. Soba dapat digunakan untuk beragam jenis hidangan, baik panas maupun dingin.

5. Mie beras
Mie ini memiliki bentuk pipih dan transparan. Mie beras tidak sulit didapatkan karena nyaris semua toko makanan atau supermarket menjual mie ini. Umumnya mie beras dijual dalam bundel. Mie jenis ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau menjadi campuran sup dan salad.

6. Mie hokkien
Mie hokkien bertekstur tebal dan berwarna kuning. Mie jenis ini banyak digunakan dalam hidangan-hidangan khas Asia. Mie hokkien biasanya dipakai untuk campuran hidangan tumis, mie kari atau sup.

7. Mie shirataki
Berasal dari Jepang, mie ini terbuat dari tanaman bernama konjak. Mie ini berbentuk tipis dan transparan. Mie shirataki banyak disukai masyarakat Jepang karena memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang rendah. Mie ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet. (Ism)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna