Horor! Kereta 1000 Penumpang Meluncur Tanpa Lokomotif

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 10 April 2018 07:15
Horor! Kereta 1000 Penumpang Meluncur Tanpa Lokomotif
Para penumpang dan warga sekitar lokasi panik.

Dream - Insiden mengerikan seputar kereta api di India kembali terjadi. Pada Minggu dini hari, 8 April 2018, sebanyak 22 kereta berisi 1.000 penumpang meluncur mundur tanpa lokomotif.

Dilaporkan Asia One, Kementerian Perkeretaapian India segera menggelar investigasi atas insiden ini.

Rangkaian kereta tersebut meluncur dengan kecepatan sedang sejauh 12 kilometer sebelum berhenti akibat menabrak tumpukan batu yang sudah disusun timur Negara Bagian Odhisa.

Juru bicara Kementerian Perkeretaapian divisi timur mengatakan tidak ada satupun dari 1.000 penumpang menjadi korban baik meninggal maupun luka-luka. Meski begitu, insiden ini membuat panik tidak hanya para penumpang, melainkan juga penduduk sekitar lokasi.

Sedangkan tujuh orang pekerja kereta yang dinilai lalai dan tidak mengikuti prosedur dengan benar telah dinonaktifkan. Sementara itu, investigasi masih berjalan untuk mengungkap penyebab terpisahnya rangkaian kereta dari lokomotif.

Otoritas berwenang menduga insiden yang terjadi pada kereta dari Gujarat ke Odisha ini disebabkan sistem pengereman. Pada saat penggandengan atau pemisahan, kemungkinan rem tidak digunakan semestinya atau malah diabaikan sama sekali.

" Sesuatu yang mengerikan bisa terjadi dan itu diabaikan oleh karyawan. Keamanan tidak bisa dikompromikan," kata juru bicara Kementerian Perkeretaapian India, Mishra.

" Seluruh penumpang di kereta api kaget dan panik," kata dia melanjutkan.

Insiden itu sempat direkam oleh salah satu saksi mata yang ada di stasiun, kemudian menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat rangkaian kereta itu meluncur dengan kecepatan sedang, sementara semua orang panik dan meneriaki para penumpang agar menarik tuas rem darurat.

Insiden ini merupakan kali kesekian terjadi dalam sistem perkeretaapian di India, yang sudah ada sejak era kolonial dan tidak diperbaharui hingga saat ini.

Pada 13 November tahun lalu, rangkaian kereta ekspres meluncur keluar rel di utara India. Tiga orang tewas dan sembilan lainnya mengalami luka-luka.

Setahun sebelumnya, 146 orang meninggal dalam insiden serupa.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya