Menyeramkan! 50 Belatung Bersarang di Dalam Hidung

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 24 November 2014 17:37
Menyeramkan! 50 Belatung Bersarang di Dalam Hidung
Awalnya ia sering mengeluh iritasi, bersin-bersin, keluar air mata terus-terusan dan kepala pusing.

Dream - Menyeramkan. Puluhan belatung bersarang di dalam hidung seorang pria di India.

Kejadian itu terungkap setelah seorang pria 55 tahun asal India menjalani operasi untuk mengeluarkan 50 ekor belatung dari hidungnya. Beruntung, larva-larva lalat itu belum menggerogoti wajah dan matanya.

Jika tidak segera dikeluarkan, kata dokter, belatung-belatung akan terus memakan daging inangnya dan bisa mengakibatkan kematian.

Pria itu mengalami miasis nasal. Suatu kondisi di mana hidung dan rongga sinus pasien menjadi penuh dengan larva lalat atau belatung.

Belatung-belatung yang bisa memiliki panjang hingga 1 cm itu bertahan hidup dengan makan daging dan tulang inangnya.

Dan jika dibiarkan, maka dapat menghancurkan jaringan dan tulang wajah dan mata. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada mata dan otak, dan kadang-kadang menyebabkan meningitis, bahkan kematian.

Dengan menggunakan endoskop, dokter Meenesh Juvekar bisa melihat dan mengeluarkan belatung-belatung tadi.

Proses itu memakan waktu dua jam karena beberapa belatung bersembunyi lebih jauh ke dalam rongga sinus, begitu sinar endoskop mengenai mereka.

Menurut dokter Juvekar, miasis nasal sangat sering terjadi di negara tropis macam India. Kondisi itu bisa terjadi pada orang yang tidak menjaga kebersihan dan nutrisinya.

Juga bisa terjadi pada orang yang suka minum minuman beralkohol. Miasis nasal juga bisa terjadi pada orang yang menderita Atrophic rhinitis (hidung beringus) sehingga mengundang lalat.

Orang dengan kondisi miasis nasal kadang tidak menyadari ada belatung di hidung mereka. Tapi mereka sering mengeluh iritasi, bersin-bersin, keluar air mata terus-terusan dan kepala pusing. Kadang juga disertai darah merembes dari lubang hidung. Kelopak mata dan bibir menjadi bengkak.

Dokter menyarankan untuk menutupi tempat tidur dengan kelambu untuk menghindari kontak dengan lalat, yang dapat suka hinggap di tempat-tempat berlubang di wajah.

(Ism, Sumber: Daily Mail)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri