Minta Tip Rp 15 Ribu, Tukang Cukur Didenda Rp 15 juta

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 22 Juli 2014 15:03
Minta Tip Rp 15 Ribu, Tukang Cukur Didenda Rp 15 juta
Sang pelanggan melaporkan aksi tukang cukup yang dianggapnya melakukan penipuan.

Dream - Pesan untuk pekerja asing di luar negeri, jangan sembarangan meminta tips kepada pelanggan jika tidak mau dikenakan denda. Pengalaman pahit inilah yang dialami seorang tukang cukur di Ras Al Khaimah, Uni Emirat Arab (UEA) setelah didenda US$ 1.361 atau Rp 15.662.388 akibat meminta tip kepada pelanggannya sebesar US$ 1,36 atau Rp 15.650.

Laporan surat kabar 7Days seperti dikutip Dream dari laman Arabianbusiness, Selasa, 22 Juli 2014 mengungkapkan menteri Ekonomi UAE mengeluarkan hukuman berupa denda untuk tukang cukur berkebangsaan Asia setelah mereka menerima keluhan dari pelanggan.

Sang pelanggan adalah seorang warga UEA berusia 22 tahun yang mengaku si tukang cukur berusaha menipunya dengan meminta uang tambahan setelah mencukur jenggot pemuda itu.

Pemuda Emirat itu mengatakan bahwa ia pergi ke salon untuk bercukur. Tarif untuk cukur jenggot adalah US$ 2,72. Setelah melaksanakan tugasnya, si tukang cukur meminta uang tambahan sebesar US$ 1,36. Saat ditanya untuk apa, si tukang cukur mengatakan itu adalah tip yang harus dibayar dan berlaku di semua salon di UEA.

Pemuda Emirat itu kemudian mengajukan keluhan kepada Departemen Perlindungan Konsumen di Ras Al Khaimah.

Setelah si tukang cukur diinterogasi oleh inspektur, pejabat di departemen mengeluarkan denda karena melanggar hukum komersial. Dia didakwa mengenakan biaya lebih dari apa yang ditetapkan dalam daftar harga resmi yang diberikan kepada semua salon di emirat oleh Departemen Ekonomi.

Beri Komentar