Minum Banyak Air Putih, Penjual Ayam Mengaku Sembuh dari Virus Corona

Reporter : Sugiono
Sabtu, 1 Februari 2020 16:02
Minum Banyak Air Putih, Penjual Ayam Mengaku Sembuh dari Virus Corona
Namun netizen masih menyangsikan pengakuan pria tersebut.

Dream - Seorang pasien mengaku sembuh dari infeksi virus corona dengan cara yang tak biasa. Bukan mengonsumsi obat untuk penderita HIV, pasien ini mengatakan sembuh dari wabah yang ditakuti masyarakat dunia tersebut hanya dengan banyak minum air putih. 

Virus corona yang bermutasi menjadi 2019-NCoV saat ini memang membuat masyarakat dunia panik. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, telah menetapkan status darurat internasional karena penyebaran virus yang sangat cepat.

Informasi tentang kesembuhan seseorang yang terpapar virus corona tentu menjadi kabar membahagiakan. Apalagi dunia medis sampai saat ini belum menemukan vaksin yang bisa mencegah seseorang terpapar virus tersebut.

Kisah pasien yang mengklaim sembuh dari paparan virus corona ini dimuat salah satu media lokal, China Press yang dikutip laman World of Buzz.

1 dari 3 halaman

Menunjukkan Gejala Tertular Virus Corona

Disebutkan pasien berusia 49 tahun telah didiagnosis terpapar virus corona dan berhasil sembuh sepenuhnya setelah minum banyak air putih.

Pasien yang hanya dikenal sebagai Chen adalah seorang pedagang ayam. Dia melakukan perjalanan di Wuhan selama Oktober 2019.

Namun, dia baru mulai menunjukkan gejala terjangkit virus corona pada 2 Januari 2020, ketika pulang ke provinsi asalnya, Jiangxi.

Awalnya dia mengalami batuk hebat sebelum akhirnya merasakan demam di sekujur tubuh. Chen pun memeriksakan diri ke rumah sakit.

2 dari 3 halaman

Minum 25 Liter Air Setiap Hari

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa Chen menderita sesak di dada, serta gejala lain yang berhubungan dengan virus corona.

Inspeksi selanjutnya mengonfirmasi bahwa Chen memang terjangkit virus corona, dan dia dikarantina pada 21 Januari 2020.

Menderita demam yang tak tertahankan selama enam hari enam malam, Chen mengatakan bahwa dia harus minum hingga 25 liter air setiap hari untuk mengatasi gejala tenggorokan kering yang disebabkan oleh virus.

3 dari 3 halaman

Dinyatakan Sembuh Total

Ajaibnya, pada 26 Januari 2020, dokter yang memeriksa kondisi Chen mendapati bahwa ia tidak lagi positif terpapar virus 2019-nCoV itu.

Meskipun mungkin bukan air yang menyembuhkan penyakitnya, minum sebanyak itu hanya untuk menghentikan gejala tenggorokan kering yang disebabkan oleh virus corona.

Netizen pun tidak lantas percaya begitu saja. Karena kesembuhan seseorang dari virus corona tergantung pada sistem kekebalan tubuh yang bersangkutan.

Menurutnya, dokter hanya meresepkan obat untuk mengatasi gejala atau tanda virus corona. Mereka tidak dapat membunuh virus pneumonia Wuhan.   " Ini adalah masalah sistem kekebalan tubuh pasien melawan virus pneumonia Wuhan. Apakah virus dapat dikalahkan tergantung pada sistem kekebalan pasien itu sendiri. Obat hanya dapat membantu mengurangi demam, menyembuhkan masuk angin, batuk, atau gejala lainnya," katanya.

Sumber: World of Buzz

Beri Komentar