Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Deretan Misteri di Balik Pasangan Kim Jong Un & Ri Sol-Ju

Deretan Misteri di Balik Pasangan Kim Jong Un & Ri Sol-Ju Kim Jong Un Dan Ri Sol Ju Menggendong Anak-anak Di Rumah Sakit (Foto: The Independent)

Dream - Sebagai pendamping, istri kepala pemerintahan kerap mendapat sorotan publik. Di beberapa negara, kegiatan istri kepala pemerintahan dapat dianggap sebagai representasi `politik` suaminya.

Tetapi, tidak semua negara menerapkan pandangan itu. Korea Utara misalnya. Ri Sol-Ju istri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un kerap lenyap dari mata publik.

Kehidupan pribadi Kim dan Ri tidak banyak diketahui. Laporan intelejen yang didapat The Independet menyebut pasangan ini memiliki tiga orang anak. Tapi, Korea Utara belum memberi klarifikasi mengenai informasi ini.

Ri dilaporkan diidenfitikasi sebagai istri Kim pada Juli 2012. Pertemuan Kim dan Ri bermula saat menonton konser pada 2010.

Kim Jong Un menyaksikkan peluncuran roket

Tetapi, beberapa laporan menyebut Kim dan Ri menikah pada 2009. Setahun kemudian, Ri melahirkan anak pertama mereka.

Ri berasal dari keluarga elit Korea Utara. Ayahnya merupakan profesor dan ibunya berprofesi sebagai dokter. Menurut laporan intelejen Korea Selatan, sebelum menikah Ri pernah belajar menyanyi di China. Ri dikabarkan pernah berkunjung ke Korea Selatan pada 2005 sebagai bagian dari regu pemandu sorak Korea Utara.

Dalam beberapa kali kemunculannya di hadapan publik, Ri dikenal punya selera yang tinggi berbusana. Merek-merek tas mahal semisal Dior dan Chanel kerap dia gunakan.

Di awal tahun ini, Ri sempat dikabarkan menghilang. Intelejen Korea Selatan mengabarkan bahwa Ri mengalami tekanan akibat kehamilannya.

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju

Media Korea Selatan punya dua asumsi mengenai kondisi tertekan Ri. Mereka menulis bahwa Ri `dipaksa` memiliki anak laki-laki untuk mewarisi pemerintahan Kim. Selain itu, ada dugaan anak ketiga Kim dan Ri merupakan kembali perempuan.

Menurut laman News Australia, dua anak Kim dan Ri adalah perempuan. Jenis kelamin kedua anak itu dikonfirmasi oleh mantan pebasket NBA Denis Rodman.

Dennis Rodman besalaman dengan Kim Jong Un

Tetapi, ada desas-desus yang menyebut, Kim pernah memiliki anak laki-laki sebelum menikah. Identitas dan keberadaan anak laki-laki itu Kim dirahasiakan Korea Utara.

Kerahasiaan seputar pernikahan mereka tidak mengejutkan orang Korea Utara dan pengamat internasional. Kim Jong-Il, ayah Kim Jong Un, tidak pernah mengenalkan para istrinya ke hadapan publik.

Ulah Saling Ancam AS dan Korut, Niatnya Gertak tapi Blunder

Dream Hubungan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara semakin memanas. Pada Senin lalu, Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong Ho menanggapi cuitan Presiden AS Donald Trump di Twitter.

Trump membuat cuitan yang intinya menyebut rezim Kim Jong Un akan segera berakhir. Ri, mewakili Pyongyang, mengatakan hal itu sebagai deklarasi ajakan perang.

Ri juga menyatakan negaranya punya hak untuk menembak pesawat tempur AS di zona udara manapun.

Krisis yang meningkat seputar dugaan program senjata nuklir Korut ternyata memunculkan banyak strategi salah perhitungan. Kedua belah pihak saling menafsirkan pernyataan lawan sebagai upaya selangkah menuju perang.

Pakar Hubungan Internasional Universitas Hebrew Yerusalem, Or Rabinowitz mencatat setidaknya ada empat strategi salah perhitungan baik oleh AS maupun Korut, seperti dilaporkan The Washington Post.

1. Korut bisa meledakkan bom hidrogen di kawasan Pasifik

Kim Jong Un telah mengancam melakukan uji coba ledakan bom hidrogen. Uji coba ini merupakan kelanjutan dari strategi perang nuklir yang sudah dia deklarasikan.

Ancaman serupa pernah terjadi di Afrika Selatan pada 1980an. Kala itu, negara tersebut mengancam akan meledakkan bom nuklir untuk mendesak AS agar mau membantu mengusir kekuatan Uni Soviet, namun strateginya tetap rahasia.

Saat itu, Afsel memiliki enam bom uranium hasil pengayaan. Tetapi, uji coba bom itu batal dijalankan karena ternyata membawa dampak sebaliknya.

Bukannya menuruti tekanan Afsel, AS di bawah kepemimpinan Presiden Ronald Reagan malah balik mengancam akan menyerang.

Lantas bagaimana dengan ancaman bom hidrogen Korut? Rabinowitz justru mengatakan, " Alih-alih mencegah, itu justru menjadi titik tolak bagi AS untuk melancarkan serangan pertama kepada Korut."

2. Retorika agresif Donald Trump justru menjadi blunder bagi AS.

Trump tampaknya tidak berkaca pada presiden-presiden sebelumnya. Tidak ada satupun dari Presiden AS yang berhasil menekan program nuklir Korut.

Rabinowitz pun mengganggap Trump tidak memperhatikan efek psikologis lawannya ketika mengeluarkan pernyataan tersebut. Retorika Trump justru menjadi penghalang bagi upaya diplomatik terkait isu nuklir Korut.

Hinaan Trump kepada Jong Un justru meningkatkan tensi ketegangan yang sudah memanas. Bahkan, Rabinowitz menduga bisa jadi program nuklir Korut semakin dikembangkan.

3. AS bisa mencoba, dan gagal, menembak jatuh misil Korut.

Sejak 1980an, militer AS telah menghabiskan dana mencapai US$200 miliar, setara Rp2.900 triliun, demi meningkatkan kemampuan teknologi untuk menjatuhkan rudal balistik. Langkah ini menciptakan teknik penanganan yang berbeda, disesuaikan dengan jenis rudal.

Beberapa di antaranya seperti Pertahanan Basis Darat Menengah (Ground-based Midcourse Defense/GMD) untuk menghalau rudal balistik antar-benua (ICMBs). Juga seperti sistem Aegis dan THAAD, yang dikembangkan untuk menembak jatuh rudal jarak pendek.

Sistem pertahanan ini dapat digunakan AS untuk menghalau serangan rudal Korut. Tetapi, jika gagal, ini bisa menyerang status AS, dan menghilangkan kepercayaan sekutu atas janji keamanan Amerika.

Potensi kegagalan juga bisa terjadi pada Pyongyang, jika menganggap penghalau rudal sebagai tindakan perang.

4. Potensi salah tafsir yang terjadi di media-media dunia terkait pernyataan Korut.

Rabinowitz mengatakan pernyataan Korut punya logika internal sendiri, yang kebanyakan media tidak memahaminya. Alhasil, banyak terjadi salah penafsiran.

Seperti pada awal Agustus, Korea Utara menyatakan " sangat hati-hati menguji rencana operasi untuk menguji ledakan di seputar Guam (Guam adalah pulau kecil di barat Samudra Pasifik yang masuk dalam teritori AS)."

Akibat pernyataan itu, para pengamat menganggapnya sebagai ancaman Korut atas Guam. Padahal, Korut sama sekali tidak berencana menembakkan rudal ke Guam.

Media pun memuat pemberitaan yang menempatkan Korut sebagai ancaman. (Sah)

Lima Senjata Rahasia Kim Jong Un, Dunia Harus Tahu

Dream - Korea Utara sedang menjalani `perang` urat saraf dengan Amerika Serikat. Uji coba nuklir dan rudal negeri pimpinan Kim Jong-un tersebut dianggap sebagai ancaman bagi negara lain.

Sejak Jong-un memimpin, media Barat menyoroti berbagai armada tempur dan senjata Korea Utara.

Editor RealClearDefense, Harry J. Kazianis, menyebut lima senjata rahasia milik Korut yang harus diketahui dunia. Dikutip dari laman National Interest, kata Harry, Korut memiliki bom berdaya ledak tinggi.

Bom tersebut dapat digunakan untuk diledakkan di lima kota berpenduduk padat di Korea Selatan.

Korut juga disebut memiliki senjata kimia yang dapat menurunkan jumlah populasi. Senjata kimia pembunuh massal ini diduga dikembangkan dengan waktu lama.

 Korut Kembali Luncurkan Rudal, Serang Korsel?

Dalam tulisannya, Harry menyebut misil jarak jauh Korut memiliki bahaya yang besar. Rudal yang diluncurkan pernah melintasi langit Jepang. Ancaman ini menjadi ketakutan warga Jepang dan dunia.

Amerika Serikat menjadi sasaran utama rudal jarak jauh buatan Kim Jong-un.

Senjata Tak Kalah Mematikan Korut

Harry menyebut dunia harus mengetahui ancaman artileri berat Korut. Menurut dia, artileri berat itu akan digunakan untuk menyerang Seoul, Korea Selatan.

 korut

Meski masih sekadar asumsi, kepemilikan artileri berat Korut harus diwaspadai.

Senjata lain yang dimiliki Korut adalah serangan siber. Dalam artikelnya, Harry meminta warga dunia mewaspadai kemampuan para perwira peretas yang konon dimiliki Korut.

Alasan Harry cukup sederhana. Dengan nada bertanya, dia menulis, " Mungkinkah mereka menyuntikkan malware, ke dalam sistem kontrol dan komando Korea Selatan?"

Astaga! Gadis Korut Beber Kebiasaan Mengerikan Kim Jong Un

Dream - Perempuan yang membelot dari Korea Utara (Korut) mengisahkan betapa kejam dan mengerikannya Kim Jong Un, pemimpin negara komunis itu. Mempertaruhkan keselamatannya, Hee Yeon Lim (yang mengubah nama aslinya dengan alasan keamanan), 26 tahun, merupakan anak anggota militer senior Korea Utara.

Hee Yeon mengatakan Kim adalah sosok penguasa paranoid yang kejam. Menurut dia, Kim dapat menghabisi orang-orang kepercayaan di lingkaran kekuasaannya, bahkan anggota keluarganya sendiri.

Kisah Hee Yeon ini diceritakan dalam sebuah wawancara dengan Mirror hanya beberapa hari setelah Kim menguji coba nuklir yang kekuatannya sepuluh kali bom Hiroshima. Wawancara tersebut dilakukan di sebuah lokasi rahasia di Seoul, Korea Selatan (Korsel).

Hee Yeon menceritakan kebijakan Kim yang memaksa rakyat dan elit kelas atas di Pyongyang untuk menyaksikan hukuman mati mengerikan. Menurut dia, Kim mencuci otakwarga dengan menyebut Korut mampu menakut-nakuti Amerika Serikat.

Hee Yeon juga menyebut Kim memiliki ratusan tempat persembunyian rahasia mewah di seluruh Korut. Keberadaan tempat persembunyian itu menyulitkan mata-mata Barat untuk mengetahui posisinya.

Kim Jon Un Memperbudak Siswi Sebagai...

Yang mengerikan, menurut Hee Yeon, Kim dituding menjalankan perbudakan seks meski telah memiliki istri cantik Ri Sol-ju dan tiga orang anak. Gadis-gadis yang menjadi budak seks Kim merupakan pelajar-pelajar sekolah menengah atas di negara tersebut.

" Saya dibesarkan agar melihat dia seperti Tuhan. Pejabat datang ke sekolah kami dan memilih gadis remaja untuk bekerja di salah satu dari ratusan tempat persembunyian di sekitar Pyongyang," ucap Hee Yeon.

Gaya hidup Kim, kata dia, juga berbanding terbalik dengan kehidupan rakyatnya.

" Gaya hidup Kim sangat mewah. Dia bisa menggelar makan siang mewah senilai 1.000 poundsterling (sekitar Rp18 juta), sementara rakyatnya harus makan rumput," ujar Hee Yeon.

Hee Yeon melarikan diri dari Pyongyang, tempat dia dibesarkan, pada 2015 dan sampai di Seoul, Korsel tahun lalu.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jadi Ibu Negara Korut, Ri Sol Ju Harus Patuhi 7 Aturan Aneh dari Kim Jong Un

Jadi Ibu Negara Korut, Ri Sol Ju Harus Patuhi 7 Aturan Aneh dari Kim Jong Un

Menurut media Korea Selatan, Ri Sol Ju mungkin lahir antara tahun 1984 dan 1989 dan merupakan putra elit di Korea Utara.

Baca Selengkapnya
Julukan Baru Ini Jadi Isyarat Putri Kim Jong Un Bakal Jadi Pemimpin Korut

Julukan Baru Ini Jadi Isyarat Putri Kim Jong Un Bakal Jadi Pemimpin Korut

Istilah tersebut biasanya disematkan untuk pemimpin senior dan mengisyaratkan statusnya sebagai calon penerus.

Baca Selengkapnya
Bestie! Putin Beri Hadiah Mobil Mewah ke Kim Jong Un, Ini Penampakannya

Bestie! Putin Beri Hadiah Mobil Mewah ke Kim Jong Un, Ini Penampakannya

Mobil mewah itu diserahkan ke para pembantu utama Kim, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sederet Artis Perempuan Memiliki Anak Angkat, Terbaru Ada Bebizie

Sederet Artis Perempuan Memiliki Anak Angkat, Terbaru Ada Bebizie

Beberapa artis perempuan ini diketahui mengadopsi anak karena berbagai alasan.

Baca Selengkapnya
Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Begini cerita aslinya dibalik kejadian seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang disunat oleh jin!

Baca Selengkapnya
Detik-detik Mantan Capres Korea Selatan Lee Jae Myung Ditikam di Leher oleh Orang Tak Dikenal

Detik-detik Mantan Capres Korea Selatan Lee Jae Myung Ditikam di Leher oleh Orang Tak Dikenal

Lee Jae Myung, ditikam di lehernya oleh seseorang tak dikenal

Baca Selengkapnya
Manis Banget, Putri Tiri Unggah Momen Hangat Bareng Lee Jeong Hoon

Manis Banget, Putri Tiri Unggah Momen Hangat Bareng Lee Jeong Hoon

Ia memilih untuk menghabiskan malam minggu bersama sang ayah dibandingkan dengan teman-temannya.

Baca Selengkapnya
5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

Tanpa sadar, orang Indonesia dan Korea memiliki beberapa kesamaan selera atau kebiasaan. Hal ini bisa membuat turis Indonesia nyaman berjalan-jalan ke Korsel.

Baca Selengkapnya
Ngakak! Cucian Milik TKI di Korea Ini Bikin Melongo, Air Sekalian Bajunya Membeku Gara-Gara Musim Dingin

Ngakak! Cucian Milik TKI di Korea Ini Bikin Melongo, Air Sekalian Bajunya Membeku Gara-Gara Musim Dingin

Josim yang bekerja sebagai TKI di Korea Selatan terkejut karena cucian yang direndamnya jadi beku.

Baca Selengkapnya