Mobil Berkekuatan Hercules, Tarik Beban Setara Boeing 757

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 17 Juni 2016 07:28
Mobil Berkekuatan Hercules, Tarik Beban Setara Boeing 757
Bobot beban yang ditarik puluhan kali lebih berat dari mobil itu sendiri.

Dream - Produsen kendaraan bermotor asal Inggris, Jaguar Land Rover, merilis video singkat tentang salah satu mobilnya, Land Rover Discovery Sport. Perusahaan ini membuktikan kehebatan produknya dengan uji coba yang ektrem, yaitu menderek gerbong kereta api di atas rel.

Dilansir dari Mirror, Jumat 17 Juni 2016, mobil SUV ini mampu menarik tiga unit gerbong kereta api yang kurang lebih seberat 100 ton--berat kereta yang ditarik Discovery Sport ini sama dengan berat sebuah pesawat Boeing 757.

Padahal, beban maksimal yang sebaiknya ditarik oleh mobil ini adalah 2,5 ton.

Dalam video yang berdurasi 2 menit 14 detik ini, dengan bantuan katrol, Land Rover Discovery Sport ini menderek tiga unit gerbongnya di atas rel dan melaju sejauh 10 km. Tak hanya itu, mobil itu harus melewati jembatan dengan tinggi 85 kaki.

Lead Engineer for Stability Control System di Jaguar Land Rover, Karl Richards, mengatakan dia sering menguji coba mobil Land Rover. Tapi, uji coba yang satu yang dirasakan sangat ekstrem.

" Uji coba yang satu ini adalah yang paling ekstrem yang pernah saya lakukan," kata Richards.

Sementara itu, Managing Director Jaguar Land Rover, James Platt, mengatakan pihaknya tidak melakukan perubahan apa-apa terhadap Discovery Sport untuk bisa menarik gerbong kereta api. " Tak diperlukan modifikasi untuk test drive ini," kata Platt.

Beri Komentar