Mumi Wanita Bangsawan Dihidupkan Lagi, Wajah Aslinya Terungkap

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 17 Juli 2017 11:02
Mumi Wanita Bangsawan Dihidupkan Lagi, Wajah Aslinya Terungkap
Wajah yang direkonstruksi untuk memberi gambaran masyarakat mengenai kedudukan sosialnya.

Dream - Pada 2005, arkeolog yang bekerja di situs El Brujo di pantai utara Peru menemukan selembar kain yang menarik. Kain tersebut terkubur di kompleks pemakaman yang dipahat dengan hiasan. Diperkirakan berasal dari tahun 400, seperti dilaporkan National Geographic.

Kain itu membungkus mumi wanita bangsawan dari bangsa Moche yang terkubur di salah satu makam di komplek tersebut, yang berkembang di wilayah itu seribu tahun sebelum peradaban Inca.

Sekarang, para ahli berhasil merekonstruksi ulang wajah wanita tersebut menggunakan teknik yang kerap diterapkan untuk menyelesaikan kasus kriminal.

Mumi tersebut dikenal oleh penduduk lokal sebagai Senora Cao. Nama itu disematkan dengan mengambil nama kota terdekat, Magdalena de Cao.

Para ahli merekonstruksi wajah semirip mungkin menurut teknologi yang ada, termasuk membuat replikanya.

" Perekaman semacam itu dapat membuat penemuan luar biasa ini tetap hidup selama beberapa generasi ke depan," kata arkeolog Arabel Fernández López.

1 dari 2 halaman

Meninggal Saat Remaja

Untuk merekonstruksi wajah Senora Cao, sebuah yayasan berisi tim ilmuwan internasional, Augusto N. Wiese Foundation didirikan pada akhir November 2016. Tim ilmuwan tersebut terdiri dari arkeolog, antropolog fisik, ilmuwan dan seniman forensik, serta insinyur yang mengkhususkan diri pada teknologi 3D.

Yayasan tersebut telah mendukung penelitian di El Brujo sejak penggalian dimulai pada 1990 di bawah arahan Régulo Franco Jordán.

 Lokasi situs purbakala Senora Cao© National Geographic

Riset yang dilakukan tim itu termasuk membuka 20 lapisan kain yang melilit tubuh Senora dan menyelimuti banyak artefak lainnya yang terbuat dari emas, perak, dan tembaga bersepuh emas.

Senora meninggal saat usia remaja, diperkirakan saat dia berusia 20an tahun. Tetapi, para ahli masih belum mengetahui mengapa Senora dimakamkan dengan semua perhiasan yang melambangkan kedudukannya di masyarakat.

 

2 dari 2 halaman

Orang Penting di Struktur Sosial

" Tanpa catatan tertulis, kami tidak tahu siapa dia," kata John Verano, seorang antropolog dari Universitas Tulane yang membantu pembedahan dan rekonstruksi wajah Senora.

Yang jelas dia adalah orang penting. Tingginya kurang dari 152 meter dan sedikit tegak.

Tapi dia bukan dari golongan tentara yang siap perang. Dia mungkin adalah istri penguasa atau bahkan penguasa itu sendiri.

 Mumi Senora Cao© National Geographic

Senora Cao saat ini dipajang di museum di El Brujo dalam sebuah ruang yang suhunya dikendalikan untuk menjaganya agar tidak rusak. Pengunjung hanya bisa melihatnya dari pantulan pada cermin.

Karena itulah kurator museum ingin memberi gambaran yang lebih baik tentang wanita yang luar biasa ini kepada para pengunjung. Selain itu, museum juga perlu membuat rekaman permanen tentang jenazahnya, yang pasti akan hancur seiring berlalunya waktu.

Beri Komentar