Malaysia Larang Lagu 'Despacito'

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 21 Juli 2017 15:02
Malaysia Larang Lagu 'Despacito'
Lirik lagu Despacito dianggap tak sesuai dengan norma ketimuran.

Dream - Pemerintah Malaysia melarang pemutaran lagu Despacito di seluruh stasiun televisi dan radio. Larangan itu diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Salleh Said Keruak, Rabu 19 Juli 2017.

Keputusan ini diambil dalam panel evaluasi yang digelar dengan Radio Televisyen Malaysia (RTM). " RTM menghentikan siaran nyanyian di radio dan stasiun TV-nya dengan segera," kata Saleh.

Beberapa elemen masyarakat, seperti sayap perempuan Partai Amanah Negara (AWAN), telah menyerukan agar siaran lagu tersebut dihentikan. Mereka menganggap lagu Despacito mengandung lirik yang vulgar dan berbau pornografi.

Dikutip The Star via Channel News Asia, Ketua Seni dan Budaya AWAN, Atriza Umar, mengatakan, telah melihat fenomena banyaknya anak kecil yang menyanyikan lagu Despacito tanpa memahami liriknya.

Menurut Atriza, Despacito dan lagu-lagu lain yang mengandung " lirik seksual dan kekerasan yang tidak sesuai dengan budaya ketimuran dan Islam" dilarang ditayangkan di Malaysia.

Pada Rabu, 19 Juli 2017, lagu yang dibawakan oleh penyanyi Puerto Rico Luis Fonsi dinobatkan sebagai lagu paling banyak diakses sepanjang masa.

Label lagu tersebut, Universal Music Latin Entertainment, mengatakan Despacito dalam versi aslinya dan remix telah diputar 4,6 miliar kali di seluruh aplikasi musik, termasuk YouTube dan Spotify.

Beri Komentar