Penasaran, di Mana Mobil Sedot Tinja Membuang Muatannya? Ternyata...

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 21 Mei 2022 13:33
Penasaran, di Mana Mobil Sedot Tinja Membuang Muatannya? Ternyata...
Herman, salah seorang pekerja jasa penyedot tinja mencoba menjelaskan kemana muatan tinja itu akan dibuang. Simak selengkapnya di sini.

Dream - Sahabat Dream yang tinggal di perkotaan pasti pernah melihat mobil sedot WC, yang biasanya berupa truk tangki dengan selang besar. Mereka menawarkan jasa kuras septic tank. Biasanya iklan mobil penyedot tinja juga ditempel dimana-mana.

Tinggal telepon nomor yang tertera, mobil sedot tinja pun langsung datang. Namun, tahukah Sahabat Dream kemana mobil penyedot tinja membuang muatan mereka?

Sebuah video yang diposting di laman Merdeka.com bakal menjawab rasa penasaran itu.

1 dari 2 halaman

Dalam video itu, Herman, salah seorang pekerja jasa penyedot tinja mencoba menjelaskan kemana muatan tinja itu akan dibuang. Usai menyedot tinja dari rumah seseorang, limbah kotoran manusia itu kemudian akan dibawa ke sebuah penampungan limbah di daerah Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

Hasil limbah itu tak serta merta dibuang seperti itu saja, melainkan dikelola kembali agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan bagi banyak orang.

Usai sampai ke tempat penampungan, kotoran yang berada di dalam tanki mobil akan dimasukkan ke dalam kolam khusus. Di dalam kolam itu kemudian dilakukan pemisahan antara kotoran manusia, pasir, serta air yang tercampur satu sama lain.

2 dari 2 halaman

Setelah kandungan kotoran, pasir dan air terpisah, limbah kotoran kemudia diolah kembali menjadi pupuk. Hasil pupuk dari limbah kotoran manusia ini menurut sang pengelola sudah teruji, sehingga aman untuk digunakan sebagai pupuk tanaman.

Jadi, kotoran manusia tidak boleh dibuang di sembarang tempat tanpa diolah terlebih dahulu. Ketimbang membuang kotoran di perairan umum seperti sungai atau danau, alangkah lebih baik jika kita menghubungi jasa sedot WC saat septic tank sudah penuh.

 

Beri Komentar