Pengadilan Larang Bayi Bernama `Sianida`

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 17 April 2016 06:01
Pengadilan Larang Bayi Bernama `Sianida`
Hakim di pengadilan memutuskan nama `tak biasa` yang dipilih wanita itu bisa secara emosional membahayakan masa depan anak itu.

Dream - Pengadilan di Wales melarang seorang ibu asal Kota Powys memberi nama ‘Cyanide’ kepada putrinya. Nama itu dinilai bisa membawa dampak buruk kepada masa depan sang putri.

Wanita yang tak disebut namanya ini mengaku sengaja memberi nama Cyanide kepada sang putri, karena sebutan itu merupakan nama yang indah dan cantik.

Apalagi, nama itu punya arti positif sebagai racun yang mengakhiri hidup pimpinan Nazi Jerman, Hitler. Sehingga wanita itu ngeyel punya hak memberi nama apapun kepada sang putri.

Namun, hakim di pengadilan memutuskan nama ‘tak biasa’ yang dipilih wanita itu bisa secara emosional membahayakan masa depan bayi perempuan, yang memiliki kembaran lelaki bernama Preacher ini.

Hakim menyebut, ibu bayi kembar ini punya riwayat gangguan jiwa, terlibat penyalahgunaan narkoba, alkohol, dan menjalin hubungan dengan pria yang melakukan kekerasan.

Dan Cyanide serta Preacher ini diketahui merupakan anak hasil pemerkosaan. Selain anak kembar ini, perempuan itu telah memiliki tiga anak, yang dititipkan di panti asuhan.

Sementara, orangtua angkat Cyanide dan Preacher lebih memilih memberi nama Harrie dan Annie kepada bayi-bayi berusia delapan bulan itu.

Kasus ini menggelinding ke pengadilan di Kota Powys setelah pekerja sosial di panti asuhan menyadari nama tak lazim yang diberikan kepada bayi perempuan itu. Sehingga mereka mengajukan nama itu ke pengadilan.

Pada Juni tahun lalu, hakim mengeluarkan keputusan yang melarang perempuan itu memberikan nama tak lazim itu kepada anak-anaknya.

“ Ini salah satu kasus langka di mana pengadilan harus campur tangan untuk menjaga bayi itu dari bahaya emosional yang saya rasa dia akan tersiksa jika dipanggil Cyanide,” kata hakim.

Sementara, nama Preacher –yang berarti pengkhotbah, yang diberikan kepada bayi lelaki, juga dinilai aneh. Tapi tak seburuk Cyanide yang dalam bahasa Indonesia disebut Sianida.

(Ism, Sumber: Metro.co.uk

1 dari 3 halaman

Kelewat Kreatif, Ini 14 Nama Bayi Terburuk di 2016

Dream - Setiap orangtua pasti ingin memberikan nama terbaik untuk buah hatinya yang baru lahir. Namun kerap kali selera orang berbeda. Nama yang dianggap cantik justru bisa disebut buruk bagi orang lain.

Tak jarang orangtua juga kelewat kreatif dalam memberikan nama pada anaknya. Ingin dianggap lucu, justru sebagian orang menganggap nama yang diberikan jadi norak.

Seperti survei yang dilakukan Reddit belum lama ini. Mereka mengeluarkan 14 nama terburuk yang diberikan orangtua kepada anaknya sepanjang 2015.

Mulai dari nama North West hingga Mhavryck dan Little Sweetmeat masuk dalam daftar tersebut.

Mengutip laman dailymail.co.uk, Sabtu, 26 Maret 2016, nama-nama tradisional yang dibuat dengan tulisan unik mendominasi daftar mengerikan ini.

Sebut saja salah satu nama terburuk yang tertulis Mhavryck meski diucapkan sebagai Maverick. " Benci dengan orang tua yang melakukan penulisan sok kreatif," ujar penulis Reddit.

" Itu hanya unik untuk sesaat. Orangtua menganggap itu pintar saat tulisan itu sedang tren."

Tulisan lain yang dianggap keliru adalah Aliviyah atau Olivia dan penulisan Beberly daripada Beverly.

Berikut adalah nama-nama terburuk yang diberikan orangtua menurut penulis Reddit:

1. Aliviyah
2. Elizabreth
3. Beberly
4. Little Sweetmeat
5. Neveah
6. My Angel
7. Merika
8. JaMocha
9. Mhavrych
10. Colon
11. Spartacus
12. Jarica
13. Panthy
14. North West

2 dari 3 halaman

Nama-nama Bayi yang Dilarang Islam, Tapi Jarang Diketahui

Dream - Ada ungkapan terkenal dari Shakespear, " Apalah arti sebuah nama" . Namun bagi umat Islam, tidak demikian adanya. Nama adalah sesuatu yang penting dan berharga. Nama bahkan dianggap sebagai doa.

Mungkin ada di antara para orangtua yang belum mengetahui kaidah Islam mengenai pemberian nama-nama yang boleh, makruh, dan bahkan diharamkan.

Untuk menghindari kesalahan dalam pemberian nama anak, berikut kami sajikan ulasan aturan pemberian nama dalam Islam.

1. Penggunaan nama-nama penghambaan kepada selain Allah SWT diharamkan, baik dari matahari, patung-patung, manusia atau selainnya, misalnya: Abdur Rasul (hambanya Rasul), Abdun Nabi (hambanya Nabi) atau Abdul Uzza (Hambanya Al-Uzza atau berhala).

2. Memberi nama dengan nama-nama Allah SWT, misalnya: Rahim, Rahman, Kholiq, dan sebagainya.

3. Memberi nama dengan nama-nama asing atau nama-nama orang kafir.

4. Memberi nama dengan nama-nama patung atau berhala atau sesembahan selain Allah SWT, misalnya: Al-Lat dan Al-Uzza.

5. Memberi nama dengan nama-nama asing, baik yang berasal dari Turki, Faris, Barbar dan daerah lainnya.

Selengkapnya baca di sini.     

3 dari 3 halaman

6 Nama Bayi Perempuan yang Diharamkan, No 4 Banyak Digunakan

Dream - Nama merupakan bagian penting dari diri seseorang. Tak sekadar berfungsi sebagai 'identitas', dalam Islam nama bahkan dianggap sebagai sebuah doa.

Karena itu, dalam memberikan nama pada seorang anak, setiap orangtua wajib hati-hati dan selektif. Jangan sampai memberi nama dengan makna buruk.

Nama seperti Rozana, Suzana atau nama lainnya yang menggunakan 'Zana', banyak ditemukan dalam masyarakat. Nama tersebut digunakan karena enak didengar.

Padahal siapa sangka jika nama itu bermakna buruk. Zana bermakna 'berzina'. Begitu pula nama 'Wati' yang berarti 'bersetubuh'.

Selain nama tersebut, berikut ini beberapa nama lainnya yang banyak digunakan di masyarakat, namun ternyata merupakan nama-nama yang digunakan kaum Jin.

1. Zaqwan/Zaquan: anak jin

2. Qistina/Kistina: penghulu jin

3. Balqis: ketua jin

4. Najwa: bisikan

5. Haikal/Haiqal: tengkorak

6. Badrisha/Badlisha/Herisha

Bagi mereka yang mempunyai nama-nama tersebut, hendaknya diganti. Atau setidaknya gantilah nama panggilannya.

Selengkapnya baca di sini.        (Ism) 

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik