Pesan Sejarah Mengerikan Dibalik Logo Starbucks

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 12 April 2016 08:47
Pesan Sejarah Mengerikan Dibalik Logo Starbucks
Ternyata logo wanita setengah manusia setengah ikan itu bermakna mengerikan.

Dream - Sebagai penggemar kopi Starbucks, Anda pasti tahu logo yang ada di cangkir kertas mereka. Tak cuma di cangkir, logo besar mereka bisa dilihat di sudut jalan, perkantoran, dan pusat hiburan.

Starbucks memasang gambar putri duyung yang tengah memegang dua ekornya. Sosok perempuan itu berwujud setengah manusia dan setengah ikan. Mitologi Yunani menyebut logo itu sebagai Siren.

Siren terkenal pandai merayu pelaut yang sedang berlayar di laut dengan lagu menarik yang paling kuat.

Selain mitos tersebut, ternyata simbol Siren memiliki arti yang cukup mengerikan. Siren berarti obsesi, kecanduan dan kematian.

Mengutip laman cracked.com, blog Starbucks menyebut logo Siren dipilih karena perusahaan kala itu mencari tema yang bisa menangkap semangat Seattle. Melongok ke belakang di tahun 1971, Seattle saat itu dikenal karena pelayaran dan pelabuhan dibandingkan pusat musuik rock grubge, hujan, dan hipster.

Dalam mitologi Yunani, Siren secara konsisten diilihat sebagai persinifikasi dari lautan. Dan itu tak selamanya bernama baik.

Mereka digambarkan sebagai sosiopat brutal yang membunuh Anda karena menganggap diri menarik. Menurut para ahli, mereka menyanyikan lagu yang sangat manis sehingga tubuh dan jiwa pendengarnya akan dibawa menuju kematian yang fatal.

Para pelaut yang kebetulan berada dalam jalur Siren akan langsung terobsesi dan tak sadar kapal tengah menuju ke batuan karang dan siap menunggu kematian mereka.

Dalam kehidupan sekarang, banyak orang dengan cara yang sama dengan mudahnya tergoda oleh iming-iming kopi mahal. Membeli cangkir demi cangkir sampai akhirnya menyerah. Tanpa sadar mereka telah menjadi pelanggan setia dan uang habis untuk minum bercangkir-cangkir kopi.

 

1 dari 3 halaman

Pesan Tersembunyi di Balik 6 Logo Ternama Dunia

Dream - Semua orang pasti tidak akan pernah memikirkan apa arti logo dari merek-merek terkenal. Padahal, bagi perusahaan, logo merupakan identitas bagi pemiliknya dan menjadi alat pemasaran yang penting.

Berikut ini beberapa arti tersembunyi yang ada di balik setiap logo perusahaan ternama. 

1. Logo Toyota

Logo perusahaan otomotif asal Jepang ini jika diperhatikan dengan seksama mirip dengan kepala rusa dengan tanduk yang besar. Jika diteliti lebih dalam, logo ini mengungkapkan seluruh huruf yang membentuk kata Toyota.

2. Logo Adidas

Pernah Anda menyadari kalau logo Adidas ini terlihat seperti gunung? Ya itulah makna dari logo ini. Tiga garis, yang dulu juga digunakan di logo aslinya yang dibuat tahun 1967, sebenarnya tidak memiliki arti apa-apa.

Garis itu digunakan supaya terlihat keren saja. Tapi mulai tahun 90an, mereka memiringkan garis-garisnya sehingga terlihat seperti gunung, yang punya makna sebagai sebuah rintangan yang harus diatasi oleh kita semua.

3. 

2 dari 3 halaman

Pesan Tersembunyi di Balik 6 Logo Ternama Dunia

4. Logo Baskin Robbin

Di tulisan BR dalam logo Baskin Robbin ada warna pink yang jika dibaca akan muncul angka 31. Ini adalah angka jumlah rasa yang ditawarkan Baskin Robbin.

5. Logo Toblerone

Jika Anda penyuka coklat Toblerone, coba perhatikan logonya. Awalnya Anda melihat sebuah gunung.

Namun jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat seekor beruang sedang berdiri. Toblerone menggunakan logo bergambar beruang karena pabrik coklat ini pusatnya di Bern, Swiss, yang juga dikenal sebagai Kota Beruang.

3 dari 3 halaman

Pesan Tersembunyi di Balik 6 Logo Ternama Dunia

5. Logo Mc'Donanlds

Logo McDonald’s akan terbaca sebagai M dan tak ada makna lain selain itu. Makna M sama dengan McDonald’s' baru diketahui pelanggan secara tak sengaja, setidaknya itu menurut konsultan desain dan psikolog Louis Cheskin.

Pada 1960-an, McDonald’s ingin mengubah logo mereka tapi Cheskin bersikeras mempertahankan lengkung emas itu.

Dia menyatakan jika pelanggan secara tidak sadar menganggap logo itu sebagai simbolisasi 'dari sepasang payudara yang sehat'.

Percaya hal itu atau tidak, Chekin akhirnya meyakinkan pengelola mereka dan sekarang logo ini menjadi salah satu logo yang paling mudah dikenal di seluruh dunia.

6. Logo Coca Cola

Kita memang tidak sadar bahwa di dalam logo Coca-Cola ini terdapat sebuah bendera negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia, yaitu Denmark. Jika jeli, Anda bisa menemukan bendera Denmark pada huruf O yang ada di kata Cola.

Beri Komentar