Petugas TPS Panggil Rudi, yang Datang Kok Stefi?

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 18 April 2019 12:20
Petugas TPS Panggil Rudi, yang Datang Kok Stefi?
Rudi dan Stefi ternyata satu orang. Dia ngamuk karena tak terima nama aslinya dipanggil.

Dream - Masyarakat yang berada di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, mendadak heboh.

Keriuhan itu tentu bukan karena ada kecurangan saat pemungutan suara. Kehebohan muncul ketika petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memanggil nama Rudi.

" Yang ke tiga, siapa? Rudi, Rudianti?," panggil petugas, Kamis 18 April 2019.

Petugas memanggil nama Rudi dengan lantang. Tapi yang muncul justru sosok bernama Stefi dengan dandanan seorang wanita.

Rupanya, Rudi dan Stefi merupakan orang yang sama. Rudi merupakan seorang transgender yang mengubah nama panggilannya menjadi Stefi.

" Nama sehari-hari Stefi, pas di panggil oleh panitia TPS dengan nama Rudi di nama KTP nya, panitia TPS pun kaget dikira bukan dia, ternyata betul...," tulis akun Instagram @makassar_iinfo.

1 dari 5 halaman

Tak Terima Dipanggil Rudi

Peristiwa itu sontak menjadi candaan para warga yang berada di TPS. Stefani alias Rudi sempat menegur anggota KPPS karena memanggilnya dengan nama Rudi.

Melihat tingkah Rudi yang tak terima anggota KPPS memanggil nama aslinya, sejumlah orang di TPS itu malah tertawa.

Dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini masyarakat tidak hanya memilih calon presiden dan calon wakil presiden. Tapi juga memilih Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

3 dari 5 halaman

Pocong dan Valak Berkeliaran di TPS

Dream - Beragam cara unik dilakukan untuk menarik minat masyarakat hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya dilakukan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, berikut ini.

Pada umumnya, TPS hanya menggunakan tenda, bilik suara, dan juga beberapa kursi. Tapi di TPS 073, Gunung Balong 1, Lebak Bulus, kita akan merasakan sensasi horor.

Pada pemungutan suara Rabu 17 April 2019 di TPS 073 ini, para panitia berdandan seperti hantu, misalnya saja mengenakan kostum pocong, hantu, bahkan hantu valak juga terlihat menjadi panitia.

 Merdeka.com/Arie Basuki© Merdeka.com/Arie Basuki

(Foto: Merdeka.com/Arie Basuki)

Tak hanya dandanan, dekorasi TPS pun dibuat seram dengan berbagai ornamen, salah satunya ada kuburan.

Meski terlihat menyeramkan, warga yang mencoblos di TPS ini rupanya terhibur dengan apa yang ditampilkan oleh panitia.

4 dari 5 halaman

TPS Keren di Malang, Nyoblos Serasa Datang ke Kondangan

Dream - Pemilihan umum (Pemilu) 2019 menjadi peristiwa lima tahunan yang istimewa. Masyarakat memanfaatkan peristiwa ini dengan cara yang unik. 

Keunikan biasanya dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk memancing para pemegang suara menyalurkan haknya. Selain busana yang dipakai, KPPS memiliki ide unik dalam mendekorasi TPS.

Lihat saja salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masyarakat yang datang ke TPS ini dijamin takkan merasa tengah datang ke TPS tapi ke sebuah kondangan.

Penyelenggara Pemilu di memang sengaja menghadirkan TPS layaknya sebuah tempat resepsi pernikahan.

Foto-foto TPS 16 RT 16 Kecamatan Kromengan, Malang itu diunggah akun Facebook, Meyta. Dalam foto yang dia unggah, hiasan bunga-bunga berwarna putih dan hijau menyamput pemilih.

Meja administrasi pun ditata seperti meja resepsi yang di setiap kondangan.

5 dari 5 halaman

Penuh Bunga-Bunga

Bilik suara pun dihiasi pernak pernik dan bunga-bunga.

 TPS unik di Malang, Jawa Timur (Foto: Facebook/Meyta)© Facebook

TPS unik di Malang, Jawa Timur (Foto: Facebook/Meyta)

Dua kursi mempelai juga tersedia. Label presiden dan wakil presiden terpasang. Salah satu kursi disediakan untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

 TPS unik di Malang, Jawa Timur (Foto: Facebook/Meyta)© Facebook

TPS unik di Malang, Jawa Timur (Foto: Facebook/Meyta)

TPS ini bahkan juga memampang salon rias. Tambahan akses ini semakin mengesankan TPS ini semakin mirip lokasi resepsi pernikahan.(Sah)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair