Rahasia Bau Harum 30 Ribu Permadani Masjidil Haram

Reporter : Sugiono
Rabu, 10 Januari 2018 18:30
Rahasia Bau Harum 30 Ribu Permadani Masjidil Haram
Penjaga dua Masjid Suci umat Islam itu, Raja Salman Abdulaziz Al Saud, memang sangat memperhatikan masalah permadani tersebut.

Dream - Percaya atau tidak, sekitar 30 ribu permadani berwarna hijau di Masjidil Haram dan daerah sekitarnya jika digabungkan akan memiliki panjang mencapai hampir 100 kilometer!

Namun bukan itu satu-satunya keunikan yang dimiliki permadani di Masjidil Haram itu. Ternyata keharuman bau permadani itu selalu terjaga, seharum bunga mawar.

Penjaga dua Masjid Suci umat Islam, Raja Salman Abdulaziz Al Saud, memang sangat memperhatikan masalah permadani tersebut.

Hal itu dilakukan agar jemaah dapat menunaikan sholat dalam suasana yang nyaman.

Bahkan Raja Salman membentuk departemen khusus yang bertanggung jawab terhadap semua pekerjaan pembersihan permadani Masjidil Haram.

1 dari 1 halaman

Permadani Dibersihkan Melalui 5 Tahap

Dream - Untuk menjaga kebersihannya, permadani-permadani itu dicuci menggunakan lima tahap yang dilakukan setiap hari di gudang khusus di Mekah.

Portal lokal Al Arabiya melaporkan bahwa pada tahap pertama, debu dan kotoran dibersihkan dengan menggunakan mesin canggih. Permadani kemudian dicuci dengan sabun dan bahan penghilang infeksi pada fase kedua.

Mesin-mesin tersebut dijalankan secara otomatis untuk melakukan pembersihan terhadap permadani-permadani tersebut.

Setelah itu, permadani-permadani dibilas dan dijemur di 'jembatan' yang bergerak sebelum siap memasuki tahap ketiga.

Di fase ketiga, permadani dikeringkan secara otomatis dengan kecepatan tiga permadani untuk setiap satu menit setengah.

Pada tahap keempat, pekerja akan mengambil permadani yang telah dikeringkan dan menjemurnya di bawah sinar matahari di musim panas. Namun, di musim dingin, proses ini memakan waktu dua hari.

Pada tahap terakhir, setiap permadani akan dibersihkan sekali lagi secara menyeluruh namun menggunakan sapu. Hal ini dilakukan hanya untuk memastikan tidak ada debu yang menempel.

" Sebagai tanda akhir proses pembersihan, setiap permadani akan disemprot dengan parfum berbau bunga mawar," kata penyelia gudang dan proses cuci permadani, Mohammed Al-Otaini kepada Al Arabiya.

Gudang modern tersebut, lanjut Al-Otaini, mampu menampung sebanyak 200 permadani setiap hari. Permadani-permadani itu disusun, diproses dan dipelihara dari waktu ke waktu oleh pekerja yang sudah terlatih.

(Sumber: mynewshub.cc)

© Dream
Beri Komentar