Selama Ini Dikira Berdoa, Ternyata Ini Arti Emoji Dua Telapak Tangan Bersatu

Reporter : Idho Rahaldi
Selasa, 2 Juli 2019 07:48
Selama Ini Dikira Berdoa, Ternyata Ini Arti Emoji Dua Telapak Tangan Bersatu
Emoji ini biasanya kamu gunakan untuk apa?

Dream - Kamu tentu tak asing kan dengan emoji yang satu ini. Emoji dua telapak tangan yang ditangkupkan ini banyak diartikan sebagai simbol berdoa.

Namun yang menjadi pertanyaan, benarkah emoji itu maksudnya seperti itu? Emoji dua telapak tangan ditangkupkan ini memang kerap membuat bingung banyak orang.

Pasalnya ada yang memakainya saat mengungkapkan tasa terima kasih dan meminta maaf kepada seseorang melalui sebuah pesan singkat.

Namun ada pula yang menyebutnya emoji ini menggambarkan tos atau high five.

Karena kebanyakan orang menggunakannya di WhatsApp, mari kita telusuri kebenarannya.

1 dari 5 halaman

High Five?

Postingan sebuah akun Twitter @awrhora baru-baru ini memperlihatkan bagaimana ternyata emoji dua telapak tangan bersatu ini dibuat dengan maksud sebagai high five atau tos.

" YA AMPUN GUA KIRA INI EMOJI BERDOA???" tulis akun @awrhora.

Untuk membuktikannya, Dream mencoba mencarinya menggunakan WhatAsapp web untuk menemukan fasilitas pencarian emoji berdasarkan kata kunci.

Saat dicoba memasukkan kata kunci, " high five" maka akan muncul emoji yang menggambarkan hal tersebut.

2 dari 5 halaman

Berdoa Juga Benar

Tapi, tenang. Bagi kamu yang sering menggunakan emoji ini untuk mewakili kata " doa" atau " berdoa" , kamu pun tak salah.

Dengan cara yang sama, coba saja masukkan kata kunci " pray" .

Akan terlihat empat emoji yang menggambarkan hal tersebut, dan lagi-lagi emoji kedua telapak tangan disatukan itu ada.

3 dari 5 halaman

Beberapa arti dilihat dari Emojipedia

Satu emoji yang sama memang bisa memiliki banyak artian, dan bisa melihatnya secara lengkap di situs Emojipedia.org.

Dua tangan yang disatukan dalam budaya Jepang berarti simbol gerakan tangan saat mengatakan " tolong" atau " terima kasih" .

Sehingga emoji ini memiliki arti :

  • High Five
  • Tolong
  • Sikap berdoa
  • Terima kasih

Kalau menurut sahabat dream, apa arti yang tepat dari emoji tersebut?

stayhipp.com

4 dari 5 halaman

Sst, Jangan Kirim Emoji Ini, Bisa Membunuh Karier!

Dream – Sahabat Dream, orang-orang kerap menggunakan emoji untuk berkomunikasi melalui pesan tertulis. Biasanya, emoji difungsikan sebagai ungkapan perasaan yang terlihat lucu. 

Tapi, tahukah kamu emoji sebenarnya bisa membuatmu dianggap tidak kompeten jika digunakan pada surat elektronik (surel) bisnis?

Dilansir Mashable, riset yang dilakukan oleh tim dari Universitas Ben Gurion di Israel, menyebutkan emoji membuat kamu tidak kompeten. Surel seorang profesional yang mengandung emoji akan membuat kompetensi si pengirim berkurang. Tak hanya itu, “ kehangatan” tak akan terlihat dari pesan dalam surel.

“ Temuan kami memberikan bukti pertama kali bahwa emoji ini bertentangan dengan senyuman yang sebenarnya. Smiley tidak akan meningkatkan persepsi kehangatan dan benar-benar mengurangi persepsi kompetensi,” kata periset Universitas Ben Gurion, Ella Glikson.

5 dari 5 halaman

Senyum Smiley

Studi itu melibatkan 549 peserta dari 29 negara yang berbeda. Ella mengatakan timnya meminta responden membaca surel yang berhubungan dengan pekerjaan dari pengirim yang tidak dikenal. Responden juga harus mengevaluasi kompetensi dan kehangatan orang dalam berkirim surel.

Hasilnya, surel yang menggunakan emoji memberikan efek negatif pada persepsi kompetensi. Studi itu juga menunjukkan surel bisa menghilangkan informasi terkait konten.

Ella menyimpulkan emoji ini merupakan senyum virtual dan tidak dianggap sebagai cara untuk mengkomunikasikan kehangatan.

“ Senyum smiley hanya bisa menggantikan senyum saat Anda sudah mengenal orang lain. (Jika belum mengenalnya), lebih baik menghindari smiley di surel bisnis,” kata dia.

Beri Komentar