Ikan Berumur 95 Tahun Ini Disuntik Mati

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 10 Februari 2017 12:28
Ikan Berumur 95 Tahun Ini Disuntik Mati
Bahkan fosil mereka menunjukkan bahwa mereka tidak berubah selama lebih dari 100 juta tahun!

Dream - Granddad adalah ikan dalam penangkaran yang memiliki umur terpanjang di dunia.

Ikan jenis lungfish itu didatangkan dari Australia ke Shedd Aquarium di Chicago pada tahun 1933 saat digelar Chicago World’s Fair.

Namun karena kondisi kesehatannya yang terus memburuk, Granddad disuntik mati pada usia sekitar 95 tahun.

Hal itu dikatakan oleh Presiden Shedd Aquarium, Bridget Coughlin, dalam sebuah pernyataan pada hari Senin kemarin saat mengumumkan kematian Granddad.

Selama di Shedd Aquarium, Granddad telah dilihat oleh lebih dari 104 juta orang.

Granddad© dream.co.id

Untuk seekor ikan yang menghabiskan banyak waktunya meniru kayu jatuh di air, ia telah mengundang keingintahuan, kegembiraan dan keajaiban di kalangan pengunjung dari segala usia.

“ Mereka akan mendengar kisahnya dan belajar tentang biologi luar biasa yang membuat spesiesnya, seperti fosil hidup dan salah satu jenis vertebrata hidup paling tua di planet ini,” kata Coughlin.

Menurut Shedd Aquarium, lungfish bisa hidup lebih dari 100 tahun dan spesies ini dilindungi di Australia.

Lungfish, telah ada selama sejak 400 juta tahun yang lalu.Fosil mereka menunjukkan bahwa mereka tidak berubah selama lebih dari 100 juta tahun.

(Ism, theguardian.com)

1 dari 3 halaman

Misteri Binatang yang Bisa Hidup Ribuan Tahun Terkuak

Manusia di zaman sekarang terbilang bisa hidup dengan usia yang relatif panjang. Harapan hidup rata-rata global dari orang yang lahir pada tahun 2015 adalah 71,4 tahun.

Sebuah pencapaian yang tidak buruk jika dibandingkan dengan lalat betina dewasa, yang hidup selama kurang dari lima menit - usia yang cukup lama untuk kawin dan bertelur.

Namun ada makhluk hidup yang usianya bisa mencapai hingga ribuan tahun dan bertahan hingga sekarang. Makhluk hidup tersebut adalah bunga karang.

Bunga karang? Ya, jangan lupa bahwa bunga karang itu juga termasuk hewan. Meski ada kata bunga pada namanya, ia bukan tumbuhan seperti yang diperkirakan banyak orang selama ini.

" Orang-orang sering lupa bahwa bunga karang adalah hewan - dan beberapa dari mereka adalah hewan yang berumur sangat panjang," jelas Marah J. Hardt, penulis buku tentang kehidupan seks binatang laut dalam berjudul Sex in the Sea.

Perkiraan panjang usia bunga karang bervariasi, tapi kebanyakan mencapai ribuan tahun. Sebuah studi di jurnal Aging Research Reviews mengungkapkan bahwa spesies bunga karang laut dalam seperti Monorhaphis chuni usianya mencapai 11 ribu tahun.

2 dari 3 halaman

Hidup Ribuan Tahun

Sementara Ming, kerang dari jenis quahog, ditemukan mati dalam usia 507 tahun ketika peneliti melakukan penggalian di perairan Islandia. Rentang usia quahog biasanya sekitar 225 tahun.

Beberapa jenis ikan laut dalam seperti ikan orange roughy, hidup sampai 175 tahun, menurut buku Sexuality in Fishes.

Sementara itu, dari jenis mamalia laut, paus kepala busur memiliki rentang usia yang panjang hingga lebih dari 200 tahun. " Ini masuk akal, karena mamalia laut hidup di perairan dingin," kata Don Moore, direktur Kebun Binatang Oregon di Portland.

Moore menambahkan, lingkungan yang dingin menyebabkan suhu tubuh selalu rendah, sehingga metabolisme menjadi lambat. Ini akan membuat ikan paus kepala busur mengalami lebih sedikit kerusakan pada jaringan tubuhnya.

3 dari 3 halaman

Hewan Tertua Saat Ini

Saat ini hewan darat tertua di dunia adalah Jonathan, seekor kura-kura Aldabra raksasa berusia 183 tahun yang hidup di dasar rumah gubernur di St. Helena, sebuah pulau di lepas pantai Afrika Barat.

Dari jenis hewan terbang, John Klicka, kurator burung di Museum Burke di Seattle, mengatakan burung tertua adalah albatros Laysan bernama Wisdom yang berusia 65 tahun.

Temuan itu telah mengaburkan keyakinan ilmuwan bahwa spesies burung hanya bisa hidup hingga 40 tahun. Tidak hanya itu, Wisdom masih bisa bertelur dan membesarkan anak-anak yang sehat.

" Burung besar seperti albatros cenderung hidup lebih lama," kata Klicka. Sedangkan burung kecil dikatakan 'beruntung' bisa hidup lima tahun di alam liar. Itu berarti mereka harus cepat dewasa dan 'memproduksi sebanyak mungkin keturunan' selama musim kawin.

Kakapo, burung beo asli Selandia Baru yang terancam punah, hidup sampai 60 tahun. Saat ini tersisa kurang dari 100 Kakapo di Bumi. Mereka juga satu-satunya burung beo terbang di dunia.

(Sumber: nationalgeographic.com.au)

Beri Komentar