Siap untuk Dimakamkan, Pria Pontianak Hidup Lagi Lalu Tersenyum

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 29 Juli 2019 16:49
Siap untuk Dimakamkan, Pria Pontianak Hidup Lagi Lalu Tersenyum
Kejadian ini bikin gempar warga setempat. Si mayat jadi-jadian harus berurusan dengan polisi.

Dream - Entah apa yang dipikirkan pria asal Pontianak, Kalimantan Barat ini. Pria bernama Robi Anjal itu terpaksa berurusan dengan polisi lantaran membuat kehebohan dengan berpura-pura mati lalu hidup lagi.

Insiden ini sempat mencuri perhatian publik usai video Robi tiba-tiba hidup kembali viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 4 menit 49 detik itu, Robi terlihat sudah dikafankan dan siap untuk dimakamkan.

Melansir akun instagram @infosigap, pihak keluarga sengaja membawa jasad Robi ke Pondok Karongan Sampang sesuai wasiatnya yang ingin dimakamkan di sekitar pondok pesantren.

Namun tiba-tiba jasad yang telah siap dimakamkan itu kejang-kejang dan berteriak hingga tubuhnya jatuh dari atas ranjang ambulance.

1 dari 7 halaman

Bangun Lalu Tersenyum

Robi sontak dikerubuti para santri yang terheran-heran melihat fenomena jenazah hidup lagi Dengan spontan, para santri yang menyaksikan terdengar merapal surat Alfatihah.

Usai suasana kembali tenang, Robi kemudian duduk dan menyeringai senyum. Video diakhiri sang istri menyirami kepalanya dengan air.

Usut demi usut, ternyata perbuatan Robi Anjal yang menghebohkan masyarakat hanya akal-akalan belaka.

Entah dengan maksud dan tujuan apa. Meski begitu, ia kini diamankan polisi di Mapolres Sampang.

2 dari 7 halaman

Hanya Akal-akalan

Kepala Desa Tanggumong Halimi, menceritakan mobil ambulance yang membawa jasad pria itu tiba di pondok pesantren sekitar pukul 19.00 WIB.

Awalnya tidak ada yang menyangka kematian pria tersebut hanya akal-akalan. Sebab, jasadnya diantarkan oleh istri dan anaknya dari luar daerah menuju Sampang, Madura.

Masyarakat semakin percaya karena jasad Robi dibawa menggunakan mobil ambulance layaknya jenazah yang meninggal dari rumah sakit.

Mengetahui ada masyarakat yang meninggal, warga Tanggumong berbondong-bondong menggali kuburan untuk pemakaman.

“ Iya, warga sudah selesai gali kuburan sejak sore tadi, karena mendapatkan informasi dari istrinya yang telfon ke salah satu kiai di pondok kalau mau dimakamkan disini sesuai wasiatnya, tapi ketika sampai disini malah hidup lagi dan membuat warga geger,” ucap Halimi.

3 dari 7 halaman

Ini Videonya

4 dari 7 halaman

Geger Video Pria Bisa Hidupkan Orang Mati

Dream - Seorang pria di Afrika Selatan membuat geger publik lantaran video dirinya bisa 'menghidupkan' orang mati.

Dalam video tersebut, pria bernama Alph Lukau yang disebut-sebut oleh warga sekitar sebagai seorang pendeta menunjukkan aksinya menghidupkan orang meninggal yang ada di dalam peti mati.

Menurut laman Odditycentral.com, aksi tersebut dilakukan di luar gedung gereja Lukau di Kramerville, Sandton, dekat Johannesburg.

Lukau memulai aksinya dengan meletakan tangannya diatas seorang jenazah yang sudah terbaring di dalam peti mati.

5 dari 7 halaman

Jenazah Terbangun

Tak lama setelah Lukau tampak membacakan sesuatu, seseorang berpakaian serba putih, yang disebut-sebuh telah menjadi mayat, tiba-tiba duduk dengan mulutmenganga.

Sontak para jemaat yang saat itu berada di lokasi bersorak gembira, bahkan beberapa ada yang hiteris. Mereka menggangap aksi Lukau sebagai sebuah mukzizat.

Adegan dalam video itu memang sangat mustahil. Tak bisa diterima oleh logika. Meski demikian, banyak warga yang percaya bahwa pria itu benar-benar bisa menghidupkan mayat.

6 dari 7 halaman

Rekayasa

Dan, benar saja. Usai videonya viral, otoritas di Afsel pun angkat bicara. Mereka menyatakan aksi tersebut rekayasa yang dibuat demi kepentingan mendapatkan uang.

" Tidak ada mukjizat seperti itu," tegas Komisi Kemajuan dan Perlindungan Komunitas Budaya, Keagamaan dan Linguistik (Komisi HAM CRL)

Laman BBC menjelaskan video yang beredar tersebut sempat membuat geger seluruh warga Johannesburg, dan memancing perdebatan Nasional.

7 dari 7 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar
Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker