Sobekan Alquran Laku Ratusan Juta Rupiah

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 27 Agustus 2014 07:07
Sobekan Alquran Laku Ratusan Juta Rupiah
Sejarah sobekan halaman Alquran, yang diambil dari sebuah perkebunan di Melbourne, belum teridentifikasi.

Dream - Sobekan dari sebuah halaman Alquran yang ditulis tangan menggunakan cat, telah dijual US$68.000 (Rp795 juta) dalam sebuah lelang di Sydney, Australia.

Harga itu sangat di luar dugaan. Karena sobekan Alquran yang tidak diketahui asal-usulnya itu diperkirakan hanya laku antara US$37 (Rp433 ribu) dan US$55 (Rp643 ribu).

" Kami sudah melihatnya dari dekat, namun kenyataannya, kami sulit mendapat seorang ahli untuk mengetahui tentang potongan itu," kata juru lelang Mark Owens di Bargain Hunt Auctions kepada Daily Mail Australia.

" Apa yang kami lakukan adalah mengambil foto sebanyak yang kita bisa dan mengirimnya melalui email ke siapapun yang tertarik."

Sejarah sobekan halaman Alquran, yang diambil dari sebuah perkebunan di Melbourne, belum teridentifikasi. " Aku bahkan belum pernah berbicara langsung kepada orang yang memasukkannya ke lelang, terlepas dari beberapa e-mail," Owens menjelaskan kepada CNN.

" Dia mengatakan itu berasal dari perkebunan di Melbourne. Saya tidak berpikir dia tahu banyak tentang hal itu. Berapa lama itu, saya masih belum tahu."

" Kami adalah rumah lelang umum. Kami tidak benar-benar tahu. Ini bisa menjadi abad ke-16, bisa jadi abad ke-14, bisa 18. Ini tentu bukan sesuatu dari 50 atau 100 tahun yang lalu," kata Owens kepada The Sunday Morning Herald.

Dia hanya bisa mengatakan sobekan halaman Alquran itu masuk lelang sudah terbingkai yang mungkin biayanya hanya US$3 (Rp35 ribu) untuk membuatnya. Ditambahkannya, sobekan halaman Alquran itu juga sudah tidak dalam kondisi yang baik, beberapa sudah mulai sobek.

Untuk mengidentifikasi berapa umur halaman Alquran ini, dibutuhkan analisis forensik. " Tanpa menggunakan analisis forensik, tidak mungkin untuk mengetahui sejarahnya," kata Owens.

Sobekan halaman Alquran itu terjual kepada seorang warga London yang tidak menyebutkan namanya. Ini bukan pertama kalinya Bargain Hunt Auctions berhasil menjual halaman Alquran bernilai ribuan dolar.

Sebuah naskah Alquran dari Persia Kuno telah dijual US$29.000 (Rp339 juta) beberapa bulan lalu setelah dibeli dari sebuah lelang di Central Coast seharga US$10 (Rp117 juta). (Ism)

Beri Komentar
Akses Komunikasi Ditutup Salmafina, Sunan Kalijaga Terpaksa Gunakan Instagram