Terkuak! Inilah Sosok Ilmuwan di Balik Nuklir Korea Utara

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 6 September 2017 12:00
Terkuak! Inilah Sosok Ilmuwan di Balik Nuklir Korea Utara
Keduanya pernah mendapatkan medali penghargaan uji coba nuklir dari Kim Jong Un.

Dream - Korea Utara berulang kali membuat risau dunia. Apalagi negeri yang dipimpin Kim Jong-un itu menguji rudal balistik antar benua yang mampu mengantar hululedak nuklir.

Banyak negara semakin ketar-ketir setelah terdeteksi gempa bumi dengan kekuatan 6,3 skala Richter yang berpusat di Korut. Lindu itu diduga kuat sebagai akibat uji coba nuklir.

Korut memang dikenal sebagai salah satu negara yang mampu membuat bom nuklir. Laman Mirror melansir, pengembangan nuklir negeri itu tak lepas dari tangan dingin dua sosok cerdas di belakang Kim Jong Un. Mereka adalah Ri Hong Sop dan Hong Sung Mu.

Ri dan Hong terekam kamera ikut menghadiri uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Korut pada Minggu 3 September 2017. ICBM yang dikembangkan Korea Utara disebut-sebut mampu membawa hulu ledak nuklir yang menjangkau hingga Amerika Serikat.

1 dari 1 halaman

Keduanya Mampu...

Saat ini Ri dan Hong merupakan dua ilmuwan yang berada di garis depan program nuklir negeri Komunis itu. Mereka dituduh telah membawa negara itu ke ambang perang nuklir dengan Amerika Serikat dan sekutunya.

Ri menjabat kepala Institut Senjata Nuklir Korea Utara. Sementara Hong berposisi sebagai wakil direktur Partai Pekerja yang membawahi Departemen Industri Amunisi Korea Utara.

Foto-foto yang dirilis oleh kantor berita pemerintah KCNA beberapa jam sebelum uji coba menunjukkan kedua pria tersebut berdiri di samping Kim Jong-un.

" Ri bertanggung jawab terhadap uji coba nuklir agar berjalan dengan baik," kata Yang Moo-jin, profesor pemerhati hirarki dan kepemimpinan Korea Utara di Seoul.

Korea Utara tidak pernah menyebutkan peran Ri dan Hong dalam program senjata nuklir.

Meski begitu, Ri dan Hong merupakan tokoh senior di dunia pernukliran Korea Utara. Januari 2016, keduanya mendapatkan medali penghargaan yang disematkan langsung oleh Kim Jong Un atas keberhasilan negara itu melakukan uji coba nuklir yang keempat.

Beri Komentar