Terlalu Taat Prokes Pakai Masker Sekotak: 'Enggak Gitu Juga Bambang!'

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 13 Juli 2021 09:45
Terlalu Taat Prokes Pakai Masker Sekotak: 'Enggak Gitu Juga Bambang!'
Ada-ada saja kelakuan pria satu ini.

Dream - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengharuskan masyarakat menaati protokol kesehatan, salah satunya pemakaian masker dua lapis. Namun tampaknya pria satu ini menaati peraturan secara berlebihan.

Dalam unggahan video akun Instagram @video_medsos, terlihat seorang pria mengenakan baju hitam menggunakan masker berlapis.

Namun yang membuat hal ini lucu, pria tersebut memakai masker medis berlapis-lapis. Ia menumpuk dan memakai masker tersebut dengan menghubungkan semuanya menggunakan satu tali yang ia ikat ke belakang kepala.

1 dari 6 halaman

Pakai Masker Berlapis

Masker berlapis© Instagram

Masker medis yang bertumpuk itu tidak hanya menutuipi hidung dan mulutnya, namun hampir setengah wajah pria tersebut.

" Masker 1 pack di pakai semua🤦🤦🤦😂🤣🤣," tulis keterangan video.

2 dari 6 halaman

Komentar Netizen

Sontak momen tak biasa yang dilakukan pria tersebut menarik perhatian netizen dan mendapat berbagai komentar.

" Iya tau, sekarang masker cuma 9500 isi 50 lembar, tapi ya nggak gitu juga dong sanyoto... 😢," kata akun @tiyos.irsan.

" Negatip corona,positip mati kehabisan nafas," canda akun @cobainboank.

" Ya gak gitu juga Bambang🙄," canda akun @ameliasintia64.

" Wong ddannnnn😂😂😂😂😂," tutur akun @adhelia_aprillia02.

4 dari 6 halaman

Masker Berlapis Lebih Efektif Lindungi Diri dari Virus Corona

Dream - Pandemi Covid-19 mengharuskan kita menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona. Masker bisa menghalangi droplet agar tidak menyebar.

Baru-baru ini pejabat kesehatan Amerika Serikat mengatakan, dalam sebuah percobaan di laboratorium, mengenakan dua masker sekaligus lebih efektif dalam mengurangi paparan seseorang terhadap virus corona, ketimbang hanya memakai satu masker.

Pernyataan tesebut juga didukung hasil penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Januair 2021, yang melakukan penlitian pada tiga jenis pemakaian masker. Yaitu penggunaan masker kain, masker medis dan pemakaian dua masker sekaligus.

Hasilnya, masker prosedur medis tanpa ikatan saja memblokir 42 persen partikel virus dari simulasi batuk, dan masker kain memblokir 44,3 persen. Sedangkan kombinasi pemakaian keduanya sekaligus dapat memblokir 92,5 persen partikel virus corona.

5 dari 6 halaman

Dalam eksperimen lain, CDC mencoba mensimulasikan penyebaran Covid-19 selama bernapas ketika satu atau dua orang menggunakan masker dengan benar. Hasilnya, mereka menemukan paparan Virus Corona berkurang 82,2 persen saat menggunakan masker ganda.

Ketika sumber dan penerima simulasi aerosol pernapasan dipasangkan dengan masker ganda atau masker medis yang diikat dan diselipkan, eksposur penerima berkurang masing-masing 96,4 persen dan 95,9 persen.

6 dari 6 halaman

Masker Berlapis Lindungi Diri dari Varian Baru

Dengan munculnya lebih banyak varian virus corona yang sangat menular, petugas medis CDC John Brooks mengatakan bahwa apapun akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas masker agar bekerja lebih baik, sehingga bisa cepat mengakhiri pandemi Covid-19.

Meski penggunaan satu masker tingkat efektifnya tidak sebesar penggunaan masker ganda, CDC menegaskan itu lebih baik ketimbang tidak memakai masker sama sekali.

Data CDC menunjukkan bahwa memakai masker membantu mengurangi paparan partikel aerosol seukuran tetesan yang menyebarkan Covid-19.

" Masker berfungsi, dan mereka bekerja paling baik jika ukurannya pas dan dikenakan dengan benar," ujar Direktur CDC Rochelle Walensky dikutip laman Channel News Asia, Kamis 11 Februari 2021.

Sumber: Channel News Asia

Beri Komentar