Tak Gengsi Nikah hanya di KUA, Beberkan Biaya Murah Meriah Bikin Publik Auto Iri

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 18 Januari 2022 07:45
Tak Gengsi Nikah hanya di KUA, Beberkan Biaya Murah Meriah Bikin Publik Auto Iri
Warganet minta normalisasikan menikah di KUA.

Dream - Acara pernikahan seringkali digambarkan dengan acara yang megah dan besar-besaran. Biasanya, dekorasinya terlihat manis dan elegan, tamunya cukup banyak, serta makanan yang melimpah.

Namun, kini semakin banyak yang menginginkan pernikahan yang lebih sederhana. Bahkan, tidak sedikit yang ingin menikah hanya di Kantor Urusan Agama (KUA).

Pasalnya, menikah di KUA tidak memakan biaya besar dan waktu yang lama. Sehingga, banyak pasangan yang menganggap bahwa cara tersebut bisa menghemat biaya untuk dipakai di masa depan.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pemilik akun TikTok @ramalancuacahariini. Ia bersama pacarnya menikah di KUA. 

1 dari 5 halaman

" Alhamdulillah gue nikah sederhana tapi bermakna," tulisnya dalam video yang menunjukkan dirinya dan sang istri memegang buku nikah.

Pasangan Menikah di KUA© TikTok @ramalancuacahariini

Ia pun menuliskan di kolom caption bahwa menikah itu mudah dan yang sulit itu berkomitmen dengan pasangan. Dalam video tersebut, pemilik akun mengungkapkan bahwa proses pernikahannya tidak memakan waktu yang lama.

2 dari 5 halaman

" Gak lama ko nunggunya & yang penting lo niat & gak gengsi. Satu lagi kudu tanggung jawab + cewek itu harus dikasih harapan, jangan cuma omongan," tuturnya sambil menunjukkan proses ijab qabul oleh penghulu.

Pasangan Menikah di KUA© TikTok @ramalancuacahariini

Berdasarkan penjelasan dalam video, biaya menikah di KUA tidak sampai Rp10 juta. " Biaya administrasi + capek 2-3jtan. Biaya seserahan Rp2jtan. Biaya transport Rp1jtan. Makan2 diurusnya belakangan (Hitungannya sebulan sehabis itu)."

3 dari 5 halaman

Sisa biaya yang diperlukan untuk menikah disarankan untuk ditabung oleh pemilik akun. Tabungan tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, membeli rumah atau kendaraan, serta biaya anak.

Pasangan Menikah di KUA© TikTok @ramalancuacahariini

Di samping itu, dia juga menyarankan untuk lebih cermat mengatur keuangan dan tidak menutup-nutupi kondisi finansial bersama pasangan. " Nikah mah gampang ko, yang sulit itu membangun keluarganya," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Seketika warganet pun ingin melangsungkan pernikahan sederhana di KUA agar bisa lebih hemat biaya dan tidak rumit saat mempersiapkannya.

" AYOK VIRALKAN NIKAH DI KUA AJA #safemoney wkwkwkwkw," kata @by_milkshake.

" Jaman sekarang mah tunangan aja kaya mau nikah. pada gengsi yang di gedein," komentar @auli.s.

" Viralin plissss biar normalisasikan," ujar @lfiandy.

" NIKAH ITU GAMPANG YANG SUSAH ITU GENGSINYA," tulis @pratamahendra2.

5 dari 5 halaman

Berikut videonya

@ramalancuacahariini Reply to @ramalancuacahariini ♬ Jangan Hilangkan Dia - Rossa

 

Beri Komentar