Minum 2 Kaleng Minuman Bersoda Tiap Hari, Tubuh Pria Ini Melepuh

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 18 September 2019 10:23
Minum 2 Kaleng Minuman Bersoda Tiap Hari, Tubuh Pria Ini Melepuh
Mengerikan efeknya...

Dream - Pria 56 tahun asal Bukit Sentosa Rawang, Selangor, Malaysia, mengalami kejadikan buruk. Sebagian kulit tubuhnya melepuh hebat akibat infeksi mengerikan. 

Dia mengalami luka seperti terbakar pada lengan, baru, serta punggung. Akibatnya, kulit pada bagian tubuh tersebut harus diangkat.

Semua berawal dari diabetes yang diderita pria tersebut akibat kebiasaan buruknya. Setiap hari, dia tidak bisa lepas dari minuman bersoda setiap hari. 

Dikutip dari World of Buzz, pria yang terindentifikasi bernama Mohd Razin Mohamed ini mulai menderita diabetes saat berumur 40 tahun. Dia terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda.

Dalam sehari dia bisa menghabiskan dua kaleng minuman berkarbonasi. Dia tidak menimbang sama sekali risiko akibat kebiasaan buruk tersebut.

" Saya meminum setidaknya dua kaleng minuman berkarbonasi setiap hari. Saya baru tahu saya menderita diabetes setelah menemukan semut di tempat saya kencing. Setelah itu, saya pergi ke klinik dan dokter menyarankan saya untuk dirawat di rumah sakit,” Ucapnya.

1 dari 5 halaman

Kondisi Memburuk

Kondisi Mohd Razin mulai memburuk ketika ada bisul muncul di punggungnya. Selama berbulan-bulan bisul tersebut tak kunjung sembuh bahkan semakin membesar

Awalnya hanya seukuran ibu jari. Lama kelamaan, ukurannya membesar hingga ke lengan dan punggungnya. 

Bisul itu terus menggerogoti kulit Mohd Razin. Sampai pada suatu kasus infeksinya kian memburuk hingga dia bisa melihat tulang-tulangnya sendiri.

Beruntung Mohd Razin mendapat perawatan tepat waktu. Terlambat sedikit saja, berisiko kehilangan seluruh tangannya.

2 dari 5 halaman

Dampak Operasi

" Operasi itu dilakukan dua kali pada kulit yang terinfeksi harus diangkat sementara nanah dikeringkan," katanya.

" Dampak dari operasi membuat saya sulit untuk mengangkat lengan kanan saya dan rasa sakit di punggung saya disebabkan oleh kulit yang tidak rata."

Mantan staf di perusahaan telekomunikasi Malaysia itu mengatakan bahwa untuk saat ini ia membutuhkan perawatan lanjutan termasuk minum obat untuk mengontrol kadar gula di tubuhnya.

 Diabetes

Meskipun kondisinya sudah semakin membaik, ia kini bertekad untuk tak lagi mengkonsumsi gula.

" Karena kadar gula yang tinggi pada saat itu, saya pingsan tiga kali saat bekerja di dekat Masjid Jamek di Kuala Lumpur," katanya.

“ Penyesalan tidak lagi berguna. Ini akibat terlalu banyak gula. ” Tutupnya

3 dari 5 halaman

Cari Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2

Dream - Diabetes jadi salah satu penyakit yang menimbulkan komplikasi jangka panjang. Bukan hanya menyerang yang berusia senja tapi juga anak-anak.

Penyakit ini memang tak bisa disembuhkan, tapi sangat bisa dikontrol. Ada perbedaan penyakit yang disebabkan oleh diabetes. Perbedaan ini disebabkan oleh pinotype yang berbeda dari diabetes tipe 1 dan 2.

" Penderita diabetes tipe 2 bisa memiliki faktor risiko jantung bahkan dari sebelum menderita diabetes," ujar Ketut Suastika, ahli endokrin yang juga Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin 1 Juli 2019.

Diabetes tipe 2 dikenal sebagai penyebab kelainan lemak, obesitas, serta penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Tipe ini umumnya dialami oleh orang dewasa. Namun tidak menutup kemungkinan diidap oleh remaja belasan tahun.

" Ada pasien saya paling muda usianya 13 tahun, karena tubuhnya sangat gemuk. Apalagi kalau sudah ada faktor genetik juga," tutur Ketut.

Berbeda dengan tipe 2, diabetes tipe 1 bisa menyerang seseorang sejak lahir akibat faktor genetik. Tanda-tandanya pun sedikit berbeda dari tipe 2.

" Presentasinya cukup kecil, di bawah 10 atau 5 persen. Biasanya tanda-tandanya tubuhnya kurus. Sedangkan tipe 2, ciri-cirinya bertubuh gemuk. Lalu, sering buang air kecil," ungkap Ketut.

4 dari 5 halaman

Genetik vs Gaya Hidup

Jika diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan gaya hidup sehat, diabetes tipe 1 sulit dihindari. Pasalnya hal ini karena latar belakang genetik serta bisa diperburuk oleh infeksi virus dan menyebabkan autoimun.

  Puasa Ramadan Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

" Supaya tidak memperburuk kondisi tubuh saat mengidap diabetes, sebaiknya lakukan aerobik seperti jogging, jalan kaki dan perbanyak aktivitas fisik minimal 30 menit per hari dan 150 menit per minggu. Dan jangan lupa atur asupan kalori per hari agar tidak berlebih," tutupnya.

5 dari 5 halaman

Pentingnya Mengontrol Makanan untuk Penderita Diabetes

Dream - Bagi mereka yang tidak menderita diabetes, makan kue atau kentang goreng bukanlah masalah besar. Sebaliknya, bagi penderita diabetes makan terlalu banyak asupan yang mengandung gula dan karbohidrat bisa berakibat fatal.

Direktur Gonda Diabetes Center di Ucla Health, dr. Matthew Freeby, menjelaskan bahwa sulit untuk mengatakan makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Tingkat toleransi pasien diabetes berbeda-beda.

" Jika seorang pasien makan karbohidrat yang berlebihan sehingga pankreas tidak dapat memproduksi insulin untuk menurunkan gula darah, itulah yang kami khawatirkan,” kata Matthew, seperti dikutip dari Prevention.

Kadar gula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dikenal sebagai hiperglikemia dan hipoglikemia yang dapat menyebabkan gejala seperti mualmuntahsakit perut, detak jantung yang cepat, pusing, atau kebingungan.

Waspada Gejala

 Jika anda mengalami gejala tersebut ketika memiliki penyakit diabetes, sebaiknya cepat konsultasikan pada dokter.

Apabila terlambat, dalam kasus ekstrem hal ini dapat menyebabkan ketidaksadaran dan kematian. Vendana Sheth, seorang pakar gizi, mengungkap kalau penderita diabetes bisa makan karbohidrat atau makanan manis tapi dengan porsi secukupnya, tidak berlebihan.

  Arden Endocrinology Solusi Atasi Diabetes

Beberapa makanan masuk dalam daftar 'merah' untuk penderita diabetes. Sebaiknya dihindari, jika pun dimakan sebaiknya dalam porsi yang sedikit. Makanan tersebut antara lain gorengan bertepung, seperti ayam tepung, ikan goreng topeng dan gorengan lainnya.

Kentang goreng sebaiknya juga dihindari, karena karbohidratnya sangat tinggi. Termasuk kue, cookies, donat dan minuman bersoda.

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo