Tips Simpan Makanan Agar Tetap Segar, Jangan Remehkan!

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 11 Agustus 2017 15:43
Tips Simpan Makanan Agar Tetap Segar, Jangan Remehkan!
Padahal, jika kamu salah menyimpan bisa menimbulkan berbagai penyakit, khususnya pencernaan....

Dream - Bahan makanan yang segar tentunya akan lebih sehat untuk dikonsumsi. Karena selain mempertahankan rasa, hal ini juga akan mempertahankan kandungan gizi.

Itulah mengapa bahan makanan yang segar atau baru dibeli harus langsung diproses. Namun bila tidak cepat disajikan, bahan makanan sebaiknya disimpan dengan cara yang benar.

Berbicara tentang menyimpan makanan, saat ini masih banyak orang yang tidak tahu atau menggangap remeh cara penyimpanan makanan.

Padahal, jika kamu salah menyimpan, bisa menimbulkan berbagai penyakit. Khususnya pencernaan.

Nah, Dream.co.id kali ini akan membagi tips menyimpan dan menjaga bahan makanan agar tetap segar sebelum diolah.

Berikut ini adalah 16 tips agar makanan yang kamu simpan bisa tetap segar dan nutrisinya terjaga:

1. Buah Beri

 Buah Unik© dream.co.id

Buah-buahan berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry memiliki bentuk, warna, dan rasa yang menggugah selera. Berry yang segar tentunya membuat citarasa saat dimakan akan jauh lebih baik.

Lalu bagaimana caranya membuat buah-buahan berry lebih tahan lama segar? Caranya seperti berikut:

- Siapkan sebuah mangkuk besar. Tuangkan tiga cup air lalu campurkan dengan satu cup cuka.

- Masukkan buah-buahan berry ke dalam mangkuk berisi campuran air dan cuka. Diamkan sekitar lima menit.

- Angkat dan tiriskan buah berry dari air.

- Letakkan buah berry di atas tempat datar yang dilapisi tissue. Biarkan sampai benar-benar kering.

- Setelah kering, masukkan buah berry ke dalam wadah yang tidak ditutup rapat. Biarkan bagian atas wadah sedikit terbuka untuk mengurangi kelembabannya. Dengan cara ini buah berry akan tetap segar selama seminggu, bahkan lebih.

2. Seledri, Brokoli, dan Selada

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Sayuran hijau segar ini mampu bertahan kesegaranya hingga 2-3 minggu atau bahkan lebih. Caranya cukup mudah hanya dengan membungkus sayuran seperti Seledri, Brokoli, dan Selada dengan tinfoil atau kertas timah.

3. Keju

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Jika kamu suka membeli keju, pasti kamu suka melihat keju yang dibungkus dengan kertas perkamen. Hal itu dilakukan agar kesegaran keju tetap terjaga.

Nah kamu juga bisa menerapkanya dengan memasukanya ke dalam kotak plastik lalu menyimpanya ke dalam kulkas. Dijamin kesegaran kejumu akan bertahan lebih lama.

4. Anggur

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Untuk menjaga anggur agar selalu segar dan tidak busuk adalah menggantungnya dengan tali. Letakkan di tempat yang kering, sejuk dan gelap. Hal ini biasanya dilakukan oleh tukang kebun untuk mempertahankan lebih kesegaran anggur selama 1,5 bulan.

5. Jahe

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Jika kamu hanya menyimpan jahe di dalam kulkas, maka kamu akan sedikit kehilangan khasiatnya. Meskipun rasa jahe akan tetap ada. Ada dua cara untuk mempertahankan khasiat dan rasa jahe lebih lama.

Pertama, keringkan jahe di bawah sinar matahri lalu bungkus dengan kertas perkamen dan diletakkan di tempat sejuk dan dingin. Kedua, merendam jahe di air matang lalu letakkan di lemari es.

6. Ikan

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Saat menangkap ikan jangan langsung mengangkut ke dalam kantong plastik saat kondisi masih hidup.

Biasanya lemari es digunakan untuk menyimpan ikan, namun hal itu tidak menjamin suhu yang tepat untuk mempertahankan kesegaran ikan. Kamu bisa menyimpan kesegaran ikan selama 2-3 hari dengan memasukkannya ke dalam kotak es.

7. Sayuran

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Kamu bisa menyimpan sayuran segar dengan cara memasukkan tangkai ke dalam air dan tutup atas sayuran dengan kantong plastik. Simpan di lemari es.

8. Apel

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Untuk mengindari apel dari jamur, maka bersihkan apel dan buang apel dengan kondisi rusak. Bungkus apel dalam kertas dan simpan apel di ruangan yang sejuk dan dingin.

9. Jamur

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Jika ingin mempertahankan kondisi jamur maka bersihkan mereka dari kotoran dan bilas dengan cepat. Jangan sampai jamur meresap air, kemudian tempatkan ke dalam semangkuk air garam untuk menyingkirkan serangga.

Setelah itu keringkan dan bunag bagian yang rusak lalu letakkan di kantong kertas, kotak kayu, atau mangkuk yang dilapisi serbet dan simpan dalam lemari es.

10. Semangka

 Bahan Makanan Unik© dream.co.id

Menyimpan semangka lebih baik di ruang bawah tanah pada suhu sekitar 35 derajat fahrenheit. Untuk mempertahankan kesegaran, bungkus dengan kain dan letakkan di atas rak dengan lapisi jerami.

(ism, Brightside.me)

Beri Komentar