Umm Al-Maa, Oasis Cantik di Tengah Sahara

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 2 September 2015 10:30
Umm Al-Maa, Oasis Cantik di Tengah Sahara
Tak heran banyak wisatawan berkunjung ke kawasan ini meski letaknya sangat jauh bak di negeri antah berantah.

Dream - Terletak di dekat Fezzan, sekitar 30 km sebelah utara Germa, Libya, Umm Al-Maa adalah sebuah oasis cantik yang hadir di gersangnya tengah Gurun Sahara.

Danau berair asin ini menjadi lokasi pusat perdagangan bagi warga setempat yang mayoritas penjual suvenir bagi para wisatawan.

Umm Al-Maa yang berarti 'Ibu Air' merupakan yang terbesar diantara beberapa oasis yang ada di Sahara. Sayangnya, seperti danau-danau lainnya, lapisan air perlahan-lahan semakin mengering.

Air di oasis ini mulai kotor dan tingkat garamnya belakangan dikabarkan nyaris sama dengan Laut Mati. Namun dibalik itu, tingginya garam di Umm Al-Maa memungkinkan para turis mudah mengapung saat berendam di sini.

Dengan panorama yang menakjubkan, Umm Al-Maa yang seolah terletak di negeri antah berantah masih banyak disambangi wisatawan.

Tak jauh dari Um Al-Maa terdapat bekas kota Gebroun yang telah ditinggalkan penghuninya. Reruntuhan-reuntuhan kota kuno itu menunjukkan bahwa hamparan oasis di Sahara pernah menjadi gantungan hidup manusia sejak ratusan tahun lalu.

Beri Komentar