Unik, Orang Bisa Tarik Tunai Beras di ATM Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 23 November 2016 07:48
Unik, Orang Bisa Tarik Tunai Beras di ATM Ini
Seperti apa penampakannya?

Dream – Istilah ATM alias Anjungan Tunai Mandiri tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dengan mesin ini, masyarakat bisa menyimpan uang tunai atau menarik uangnya.

Tapi, ATM tidak selalu identik dengan uang. Ada juga ATM yang bisa menyimpan barang selain uang, yaitu beras.

Benarkah?

Anjungan Tunai Mandiri Beras (ATMB) ini adalah perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis. Kartunya pun bukan kartu sembarangan. Berasnya pun bisa ditarik dengan menempelkan kartu radio frequency identification (RFID) semacam kartu elektronik.

1 dari 1 halaman

Siapa Penemunya?

Ide ATMB ini dipikirkan oleh seorang Presiden Direktur PT Rekayasa Otomatisasi Indonesia, Budiaji. Pria ini menciptkan ATMB berukuran 60 cmx60 cmx160 cm yang berbentuk kotak atau lemari mirip ATM biasa. Kapasitasnya hanya seperempat ton beras.

ATMB ini dilengkapi dengan perangkat elektronik seperti modem hybrid atau network GSM atau satelit untuk daerah terpencil, serta sistem kontrol dan pemantauan berbasis machine to machine (M2M).

Lulusan Teknik Elektro menempatkan mesin ini di tempat-tempat seperti masjid, kantor kelurahan, kantor BUMN, sekolah, kampus, atau lokasi kantong kemiskinan. Tujuannya pun sangat mulia… Baca selengkapnya di sini. 

 

Kirimkan tulisan atau yang kamu temui ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish

2. Sertakan link blog atau sosmed

3. Foto dengan ukuran high-res

4. Isi di luar tanggung jawab redaksi.

Beri Komentar