Unik, Organ Katak Ini Dapat Terlihat

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 9 Juni 2017 06:30
Unik, Organ Katak Ini Dapat Terlihat
Katak itu memiliki panjang 21 milimeter.

Dream - Berbagai spesies unik di muka Bumi terus ditemukan oleh peneliti. Baru-baru ini, sekelompok katak arboreal ditemukan di tiga lokasi di dataran rendah, pada ketinggian 300 sampai 350 meter, di Amazon, Ekuador.

Nama Latin katak tersebut Hyalinobatrachium yaku. Amfibi itu dijuluki 'katak kaca'. Nama itu disematkan karena kulit katak ini tembus pandang alias transparan, sehingga secara kasat mata, organ dalam katak itu dapat terlihat secara jelas.

Menurut laporan Live Science, semua katak dalam genus ini memiliki kulit yang transparan. Ilmuwan mengatakan, selain memiliki kulit yang transparan, katak jenis ini memiliki jantung yang juga terlihat.

Ilmuwan memiliki tantangan membedakan katak H.yaku. Katak ini disebut memiliki kedekatan genetik dengan H.pellucidum, katak kaca yang dapat ditemukan di Ekuador dan Peru. Perbedaannya, H.yaku disebut memiliki bintik hijau gelap di kepala mereka.

Spesies baru ini berukuran sekitar 0,8 inchi, atau sekitar 21 milimeter, 37 persen panjang katak itu terdapat di kepala. Katak H.yaku dewasa berwarna hijau apel dan hijau kekuning-kuningan. Di punggungnya terdapat bintik berwarna hijau gelap.

Beri Komentar