Viral Foto Kucing Kampung Jaga Jarak Seperti Seharusnya Dilakukan Manusia

Reporter : Sugiono
Selasa, 19 Mei 2020 14:48
Viral Foto Kucing Kampung Jaga Jarak Seperti Seharusnya Dilakukan Manusia
Banyak yang merasa heran dengan tingkah kucing liar yang juga ikut menjaga jarak di tengah pandemi Covid-19 saat berada di pasar.

Dream - Di tengah masyarakat yang mulai mengabaikan ketentuan jaga jarak, laman media sosial ramai dengan unggahan foto beberapa kucing di sebuah pasar yang duduk manis di lingkaran dengan jarak berjauhan. 

Kicauan Twitter viral itu memperlihatkan kucing-kucing duduk manis dan teratur di atas tanda lingkaran yang seharusnya digunakan warga untuk menjaga jarak selama berbelanja di pasar di Filipina.

Kucing pun ikut menjaga jarak di tengah pandemi Covid-19.© Twitter The Philippine Star

Foto-foto tersebut diambil akhir pekan lalu di depan sebuah toko di Barangay Holy Spirit, Kota Quezon, Filipina, dan menjadi viral setelah dibagikan surat kabar The Philippine Star minggu ini.

1 dari 5 halaman

Tingkah Kucing Liar Bikin Bingung

Para pemilik kucing di Filipina mengaku cukup terkejut dengan tingkah aneh yang diperlihatkan kucing-kucing di pasar tersebut.

Kucing duduk di pembatas untuk menjaga jarak saat belanja di pasar.© Twitter The Philippine Star

Menurut mereka, hanya kucing-kucing yang dipelihara di rumah yang bisa bertingkah seperti itu karena hewan lucu itu memang dilatih untuk melakukannya.

Namun yang ada di foto yang dibagikan di Twitter itu adalah kucing-kucing liar yang hidup di jalanan dan tidak pernah mendapat latihan khusus.

Tingkah para kucing liar yang duduk di atas tanda lingkaran yang digunakan warga untuk menjaga jarak saat berbelanja itu menimbulkan pertanyaan netizen.

2 dari 5 halaman

Bertingkah Aneh Untuk Bertahan Hidup

Beberapa ahli memiliki teori. Tetapi kucing-kucing di pasar itu pada dasarnya didorong oleh kebutuhan untuk bertahan hidup.

Hal ini diungkapkan oleh Mieshelle Nagelschneider, ahli perilaku kucing di The Cat Behavior Clinic. Nagelschneider adalah pakar terkemuka tentang kucing dan menulis buku The Cat Whisperer.

" Hanya ada satu alasan dan alasan itu adalah untuk bertahan hidup,' kata Nagelschneider.

3 dari 5 halaman

Kucing Tertarik ke Ruang Tertutup

Dia menjelaskan bahwa perilaku aneh ini terkait dengan fakta bahwa kucing secara alami tertarik ke ruang tertutup.

Bukan hanya untuk bersembunyi dari predator, tapi juga insting untuk menyergap mangsa dari tempat tersembunyi.

Lingkaran pembatas ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi kucing.© Twitter The Philippine Star

" Di alam, mereka akan bersembunyi dari pemangsa di pohon. Mereka juga akan bersembunyi di pohon yang sama untuk menyergap mangsanya. Ini adalah bagian dari perilaku menguntit dan menangkap mangsa," jelas Nagelschneider.

4 dari 5 halaman

Bisa Melihat Batas Sudah Merasa Nyaman

Duduk di dalam lingkaran di atas tanah memang tidak akan menawarkan perlindungan atau memberi mereka keunggulan dalam berburu.

Tapi secara psikologis, bisa melihat ada batas di sekitarnya mereka sudah merasa nyaman.

" Menaruh kucing dalam lingkaran akan memberi rasa aman dan nyaman. Setidaknya dalam pikiran kucing, ada peningkatan kesempatan untuk bertahan hidup," tambahnya.

5 dari 5 halaman

Kucing Suka Menjaga Jarak 1-2 Meter

Mengenai jarak tanda lingkaran di depan toko, Nagelschneider mengatakan secara kebetulan, jarak yang dianjurkan untuk social distancing saat ini, yaitu 1 hingga 2 meter - sesuai dengan tingkah kucing-kucing di alam.

" Kucing secara insting memiliki jarak privasi yang nyaman 1-2 meter. Sementara kucing yang tidak merasa nyaman dengan yang lainnya memerlukan jarak yang lebih jauh," kata Nagelschneider.

(sah, Sumber: Inverse.com)

Beri Komentar