Viral Dokter Cantik Jelaskan Virus Corona Lewat Tiktok

Reporter : Idho Rahaldi
Minggu, 9 Februari 2020 10:24
Viral Dokter Cantik Jelaskan Virus Corona Lewat Tiktok
Bikin gagal fokus...

Dream - Wabah virus Corona membuat dunia ketakutan. Maklum, penyebaran virus tersebut sangat cepat. Bermula dari Wuhan, China, virus mematikan itu sudah menular ke nagara lain.

Oleh karena itulah masyarakat perlu tahu tentang penyebaran dan cara menghindari penularan virus yang juga disebut 2019-nCoV itu. Pemerintah dan kalangan medis pun telah melakukan sosialisasi dengan berbagai cara.

Seperti yang dilakukan cantik Dagny Zhu, berikut ini. Dokter cantik itu tengah viral karena mengungkap fakta tentang virus Corona dengan cara yang tak biasa. Dia memberi pemahaman kepada masyarakat melalui aplikasi TikTok pada Kamis 6 Februari 2020.

Dalam video di TikTok, dokter spesialis mata dari NVISION Eye Center California ini memberikan edukasi tentang beberapa fakta virus corona. Namanya viral dan menjadi perbincangan di kalangan warganet.

Menurut laman Nextshark, Dagny berupaya menenangkan publik dengan membandingkan jumlah yang terinfeksi dan tingkat kematian dari virus pendemi lainnya seperti SARS, MERS, Flu Burung, dengan virus corona.

" Fakta-fakta tentang coronavirus Wuhan dari seorang dokter Cina-Amerika," tulis sang dokter dalam videonya.

1 dari 6 halaman

Sars

Dari videonya itu Zhu memaparkan data virus Corona seperti telah membunuh 400 orang, menginfeksi lebih dari 20.000, dan memiliki tingkat kematian sekitar 2%.

" Tapi kita sudah melihat yang lebih mematikan," tulis Dr. Zhu.

Pada pemaparan yang viral itu, Zhu juga menjelaskan bahwa virus SARS telah membunuh 774 orang dan menginfeksi 8.098 lainnya secara global.

Virus tersebut melanda China pada 2002 dan 2003 dengan persentase kematian sebanyak 9,6% dari jumlah pasien yang terinfeksi.

2 dari 6 halaman

Mers

Sementara virus lainnya yakni MERS, memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi dari 34,4%, menurut data yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

“ Lebih dari 2.400 kasus yang dikonfirmasi di laboratorium telah dilaporkan mengenai virus yang pertama kali muncul pada September 2012,” ungkapnya

Adapun Flu Burung, telah menginfeksi sekitar 861 orang dalam kasus yang dilaporkan dari 2003 hingga 2019, menurut WHO. Ini telah membunuh 455 orang dan memiliki tingkat kematian 53%.

Menurut WHO, Flu Burung telah membunuh 455 orang dan memiliki tingkat kematian 53%.

“ Untungnya semua virus ini akhirnya hilang kecuali flu musiman, yang menginfeksi jutaan dan membunuh 500.000 setiap tahun,” ujar Dagny Zhu.

“ Sepanjang hidup kita, kita hidup di antara virus mematikan yang menular,” pungkas dokter cantik ini.

4 dari 6 halaman

Beredar Video Mengerikan Kantong-kantong Jenazah Diduga Korban Corona

Dream - Video mengenai penanganan pasien dan kondisi rumah sakit di China terus beredar di media sosial. Bahkan sejumlah akun media sosial dari Indonesia turut menyebar video kondisi rumah sakit.

Salah satu akun yang turut menyebar video kondisi rumah sakit, yang diklaim di China, yaitu @makassar_iinfo.

Akun itu menampilkan keterangan, " Suasana mencekam sebuah rumah sakit di wuhan terekam kamera, mayat korban virus Corona tergeletak di lantai rumah sakit."

  video© Istimewa

Dalam video tersebut, tampak dua kantong mayat yang tergeletak di lantai rumah sakit. Sementara itu, di sudut ruangan lain, tampak dua mayat yang tergeletak di kursi ruang tunggu.

Bungkusan yang diduga mayat-mayat itu belum dievakuasi ke tempat yang layak.

Berdasarkan unggahan penulis blog, Jennifer Zeng, video itu dibuat direkam secara langsung di sebuah rumah sakit di Wuhan pada 4 Februari 2020.

" Disyuting langsung di sebuah rumah sakit di Wuhan pada 4 Februari 2020," tulis Jennifer di Twitter-nya. Kendati begitu, lanjut Jennifer, video itu masih perlu diklarifikasi detailnya.

5 dari 6 halaman

Video Lain Korban Meninggal Corona

Rekaman mengenai kondisi mayat di rumah sakit memicu reaksi dari otoritas China.

Seorang warganet yang diduga bernama Fang Bin dilaporkan melihat kondisi serupa dalam video rekaman tersebut. Dia juga melihat beberapa jenazah ditumpuk dan dibawa menggunakan mobil.

Bin bahkan merekam kejadian di rumah sakit. Termasuk para penderita virus Corona Wuhan terbaring di bangsal sebuah rumah sakit.

Dilaporkan Mirror, Bin merekam sejumlah petugas pakaian pelindung memasukkan kantong mayat ke dalam bus.

Usai aksinya merekam video, Bing dilaporkan dibawa petugas kembali ke flatnya. Bin kemudian diperiksa karena dikhawatirkan terinfeksi virus Corona.

Dilaporkan, beredarnya video semacam ini menambah beban pemerintah China untuk membuka informasi mengenai kondisi pasien yang terjangkit virus Corona Wuhan.

 

 

6 dari 6 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Suasana Mencekam Sebuah Rumah Sakit di Wuhan Terekam Kamera, Mayat Korban Virus Corona Tergeletak di lantai rumah sakit.

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya