Heboh Kalajengking Raksasa, Besarnya Melebihi Manusia Dewasa

Reporter : Sugiono
Kamis, 9 Juli 2020 07:48
Heboh Kalajengking Raksasa, Besarnya Melebihi Manusia Dewasa
Makhluk misterius yang dinamakan Eurypterida itu panjangnya bisa mencapai 2 meter lebih.

Dream - Kalajengking laut raksasa, yang bisa mencapai panjang 2,4 meter atau lebih, pernah menguasai lautan selama jutaan tahun. Namun mereka musnah dalam kepunahan massal terbesar dalam sejarah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini di Science Direct mengungkap keberadaan makhluk-makhluk purba yang perkasa ini, ketika mereka berenang di samudera dangkal yang hangat di Era Paleozoikum.

Selama era tersebut, yang berlangsung antara 541 juta dan 252 juta tahun yang lalu, planet Bumi mengalami perubahan geologis, iklim, dan evolusi yang dramatis.

1 dari 4 halaman

Punah di Era The Great Dying

Era Paleozoikum berakhir dengan bencana yang oleh para ilmuwan disebut The Great Dying, peristiwa kepunahan kolosal yang menyapu bersih 95% semua makhluk hidup yang ada di Bumi.

Alasan kepunahan besar-besaran ini tidak diketahui secara pasti, tetapi telah dikaitkan dengan peningkatan besar-besaran aktivitas gunung berapi di wilayah yang dikenal sebagai Perangkap Siberia.

Sampai pada kepunahan mereka yang misterius, makhluk-makhluk seperti kalajengking raksasa yang dikenal sebagai Eurypterida itu merupakan penguasa laut selama lebih dari 250 juta tahun.

2 dari 4 halaman

Penguasa Laut Selama Lebih 250 Juta Tahun

Mereka adalah makhluk terbesar di lautan pada saat itu. Namun penelitian tidak menyebutkan dengan jelas apa yang menjadi makanan mereka.

Eurypterida mungkin memangsa makhluk sangat kecil dalam jumlah besar, seperti yang dilakukan beberapa paus sekarang ini.

Mereka mungkin juga memangsa binatang bertubuh lunak yang ukurannya lebih besar yang sekarang telah menjadi fosil dan tidak diketahui jenisnya.

3 dari 4 halaman

Tumbuh Lebih Besar dari Manusia Dewasa

Eurypterida dianggap sebagai perenang yang gesit dan cepat. Mereka menggunakan cakar depan yang besar untuk melumpuhkan mangsa sebelum merobeknya menggunakan struktur seperti gigi di kaki mereka.

Satu spesies kalajengking laut raksasa yang disebut Jaekelopterus rhenaniae diperkirakan bisa tumbuh memanjang lebih dari 2 meter.

 Tumbuh lebih besar dari manusia dewasa.© Wikimedia

Raksasa laut ini mungkin menjadi predator puncak yang setara dengan hiu putih besar di era modern sekarang.

4 dari 4 halaman

Hidup Saat Hanya Ada Satu Benua di Bumi

Tim peneliti yang dipimpin Russell D.C Bicknell dari University of New England di Australia mengatakan bahwa kalajengking laut raksasa pertama kali diidentifikasi fosilnya pada 1899.

Namun tim peneliti masih belum bisa mengungkap kenapa spesies ini bisa tumbuh subur di lautan sekitar Gondwana, sebuah superbenua purba yang terbagi hingga menciptakan beberapa benua modern. Seperti Afrika, Amerika Selatan, Australia, Antartika, India, dan Semenanjung Arab.

Eurypterida dari Gondwana ini masih merupakan spesies yang sama sekali baru. Para peneliti berharap studi lebih lanjut akan membantu mereka mengidentifikasi spesies baru dari monster laut purba ini.

Sumber: DailyStar

Beri Komentar