Viral Potret Jadul Siswa SMP Tahun 80-an, Celananya Bikin Salfok Netizen

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 8 Juli 2021 10:31
Viral Potret Jadul Siswa SMP Tahun 80-an, Celananya Bikin Salfok Netizen
Adapun gaya berpakain tiga pria dalam foto lawas berikut bikin warganet salah fokus.

Dream - Sebuah foto lawas memperlihatkan siswa sekolah menenag pertama (SMP) sedang berkumpul baru-baru ini menuai sorotan. Adapun gaya berpakain tiga pria dalam foto tersebut bikin warganet salah fokus.

Baca Juga: Ulang Foto 'Jadul', Keluarga Ini Menginspirasi Banyak Orang

Bagi sebagian orang, kenangan semasa sekolah tentu merupakan salah satu momen hidup yang tak bisa terlupakan. Bergaul dengan teman sebaeya menjadi masa-masa penuh kenangan.

Baca Juga: Potret Jadul Keluarga Piknik di Malang Tahun 1973, Netizen Salfok dengan si Ibu

Terkadang, melihat foto-foto lawas menarik kembali mereka ke masa-masa itu. Seperti misalnya pada potret anak SMP tahun 80an satu ini.

1 dari 7 halaman

Foto Jadul

Momen yang membuat nostalgia kaum lawas dibagikan oleh akun @perfectlifeid, Rabu, 7 Juli 2021. Dalam foto yang diunggah, nampak tiga orang siswa pria. Dua menggunakan seragam putih biru dan yang satu mengenakan seragam cokelat pramuka.

Yang membuat foto ini jadi perbincangan lantaran netizen salah fokus dengan celana salah satu siswa SMP tersebut, banyak yang menilai celanannya sangat pendek dan ketat. Selain itu, sang siswa juga mengenakan kemeja dengan bagian tangan yang digulung.

" Potret nosltagia, gaya anak SMP era tahun 80-an. Ada yang masih ingat gak bawa kertas manila digulung ke sekolah?," tulis keterangan unggahan.

      View this post on Instagram      

A post shared by Perfect Life Indonesia (@perfectlifeid)

 

© Dream
2 dari 7 halaman

Ramai Jadi Perbincangan

Setelah diusut, ternyata gaya seperti itu terbilang cukup keren. Celanan ketat dan lengan baju digulung merupakan sebuah tren di era 80-an.

Foto lawas itu pun mendapat beragam reaksi dari netizen. Ada yang memberi penjelasan mengenai gaya berpakaian siswa SMP tersebut ada yang mengomentari wajahnya.

" Anak sekarang gak paham. Dulu kalo celana pendek dan ketat, itu terlihat keren agak terlihat macho.😂," kata akun @indrathekids.

" Haha..gemez liat seragam jadul😂..knp ya dibuat spt itu..clana pendek bgt agak ketat pula. Baju lengan digulung juga 😂.," tanya akun @hanz_vj.

" Ingatnya celana pendek warna biru tua itu. Pendek sangat, pokoke pamer paha banget dah😂," sahut akun @iwan.damiri.

" sekolah SMP..wajah wali murid😂..gpp namanya juga wajah lama.," tutur akun lain.

" Itu yang jongkok gak ada niatan sekolah 😢," tulis akun netizen.

3 dari 7 halaman

Viral Foto Ruang Bersalin Zaman Kolonial, Netizen Salfok ke Benda Ini

Dream - Belakangan beredar potret lawas memperlihatkan ruang bersalin tahun 90an. Dalam foto tersebut terlihat beberapa bidan dan perawat tengah melakukan tindakan medis kepada seorang ibu yang diduga hendak melahirkan.

Dilansir dari akun Instagram @perfectlifeid, foto itu diketahui diambil tahun 1910. Merupakan ruang bersalin di sebuah rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah.

" Bidan dan perawat saat merawat pasien di rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah tahun 1910,"  tulis @perfectlifeid dalam unggahannya.

Foto itu menurut keterangan diabadikan oleh Tropen Museun. Merupakan sebuah museum di Amsterdam yang memiliki banyak koleksi dari bekas negara koloni Belanda.

© Dream
4 dari 7 halaman

Netizen Salfok

Melihat unggahan itu , para netizen malah salah fokus dengan benda yang dipegang oleh salah seorang tenaga medis.

" Itu yang dipegang infus ya?????"  tanya akun netizen.

" Itu yg megang teko buat apan ya ????,"  sambung akun lain.

" Itu yg ngangkat tangan pegang apaan? Infus?" imbuh akun nteizen.

      View this post on Instagram      

A post shared by Perfect Life Indonesia (@perfectlifeid)

 

5 dari 7 halaman

Viral Foto Lawas Tahun 40an, Netizen Malah Salfok ke Tentara Belanda

Dream - Baru-baru ini beredar sebuah potret lawas memperlihatkan momen setelah Indonesia berhasil meraih kemerdekaan. Foto jadul itu memperlihatkan ketika tentara Belanda sedang menikmati musik keroncong.

Dalam potret yang diunggah akun Twitter @potretlawas, telihat tiga tentara Belanda sedang asyik duduk beristirahat di pinggiran jalan, tepatnya di Tegal, pada tahun 1947.

Dalam cuitannya, dijelaskan bahwa momen tersebut bersumber dari arsip Arsip nasional Belanda.

 

© Dream
6 dari 7 halaman

Saat menikmati waktu rehatnya, para tentara Belanda terlihat asyik menikmati suguhan hiburan tersebut.

" Tentara Belanda menikmati hiburan sekumpulan pemusik keroncong di tengah rehat di Tegal, Juli 1947," tulis akun sebagai keterangan unggahan.

 

7 dari 7 halaman

Pasukan Agresi Militer Belanda

Perlu diketahui mereka merupakan anggota Divisi B dari Bandung. Mereka datang untuk melancarkan aksi polisionil dan dikenal sebagai agresi militer Belanda pertama.

" Serangan militer Belanda ke daerah yang sebelumnya dikuasai Republik ini direspon beragam oleh penduduk. Di banyak tempat, mereka dilaporkan ketakutan. Namun, juga ada yang malah antusias menyambut – misal di area perbatasan Jawa Barat dan Tengah macam Cirebon, Tegal, Brebes," keterangan tambahan yang tertulis dalam unggahan.

 

© Dream
Beri Komentar