Viral Temuan Bagian Tubuh Tikus di Bakso, Ini Penjelasan Polisi

Reporter : Idho Rahaldi
Kamis, 30 Januari 2020 16:25
Viral Temuan Bagian Tubuh Tikus di Bakso, Ini Penjelasan Polisi
Begini kata poDari video itu terlihat adanya temuan potongan yang diduga bagian tubuh binatang pengerat itu di dalam bakso.lisi...

Dream - Beberapa hari terakhir warga Kabupaten Madiun dihebohkan dengan keberadaan warung bakso yang diduga mengandung daging tikus.

Hal ini diketahui lewat unggahan video seorang wanita melalui akun instagram pribadinya.

Dari video itu terlihat adanya temuan potongan yang diduga bagian tubuh binatang pengerat itu di dalam bakso.

Dilansir pojoksatu.id, viralnya temuan itu membuat pihak kepolisian bergerak untuk membuktikan kebenaran kabar tersebut.

Sebelumnya, telah diketahui bahwa warung bakso itu adalah milik SR yang berada di Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

1 dari 5 halaman

Setelah Diperiksa...

Untuk membuktikan kabar itu, petugas Kepolisian Resor Madiun, Jawa Timur, mengambil sampel bakso diduga mengandung daging tikus tersebut.

Sample itu kemudian akan dikirim ke Balai Veteriner di Boyolali, Jawa Tengah, untuk diuji di laboratorium.

" Sampel bakso yang diduga mengandung daging tikus sudah dikirim anggota ke Balai Veteriner di Boyolali, Jawa Tengah, untuk diuji di laboratorium. Semoga hasilnya segera keluar," ujar Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono kepada wartawan di Madiun, Rabu 29 Januari 2020.

Selain menguji laboratorium sampel untuk dicek kandungannya, polisi juga menelusuri alur perdagangan bakso.

2 dari 5 halaman

Pengakuan Pemilik Warung

Pemilik warung, SR mengaku bakso yang ia buat itu didapat dari salah satu temannya bernama AW, warga Desa Sukorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun yang juga membuka warung bakso.

Sementara, AS juga mengaku tidak memproduksi sendiri bakso yang dijualnya.

Bakso tersebut kulakan dari sebuah tempat produksi di Desa Kedungombo, Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk.

" Pemilik warung yang sempat viral ini merupakan tangan ketiga dalam mendapatkan bakso yang dijualnya. Kasus ini masih kami selidiki lebih lanjut," kata Ruruh.

Imbas dari kasus ini, polisi mengimbau sang pemilik warung untuk tidak menjual bakso terlebih dulu sampai hasil uji laboratorium keluar dan semuanya jelas.

Selengkapnya di sini.

3 dari 5 halaman

Geger Sate Padang Berbahan Daging Babi, Penjual Dibekuk

Dream - Dinas Perdagangan Kota Padang dan petugas gabungan menggeledah penjual sate Padang di kawasan Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Selasa malam, 29 Januari 2019.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengklaim menemukan tusukan sate yang diduga berbahan daging babi di rumah pemilik sate KMS Simpang Haru itu. Tusukan sate itu dibuang ke dalam got rumahnya.

" Ya, ada daging yang dilempar ke got. Katanya (pemilik) tidak menahu. Tapi, kenapa dibuang," kata Endrizal, kepada dari Jawapos.com via Liputan6.com, Rabu, 30 Januari 2019.

Menurut Endrizal, penggeledahan itu dilakukan dengan menyita gerobak dan sate. Tapi, Endrizal enggan membeberkan identitas penjual sate itu.

Setelah mengamankan penjual sate, Dinas Perdagangan Kota Padang akan mencari distributor daging babi itu.

4 dari 5 halaman

Berawal dari Laporan Masyarakat

Endrizal mengatakan, pemilik dan penjual sate KMS melanggar UU Perlindungan Konsumen karena menjual bahan haram tanpa penjelasan.

" Sanksinya bisa 2 tahun penjara dan denda sampai Rp4 miliar. Tapi, tetap pengadilan yang membuktikan nanti," ucap dia.

Kabid Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Padang, Novita Latima mengatakan, informasi penggunaan daging babi di sate padang KMS Simpang Haru itu bermula dari laporan masyarakat. Petugas segera mengecek dan menguji laboratorium sampel yang ada.

Balai BPOM Padang yang merujuk sampel ke BPOM Aceh, mendapat informasi bahwa daging di sate padang tersebut positif berbahan babi. 

Sumber: Liputan6.com

5 dari 5 halaman

Dekati Tumpukan Cabe Kering, Si Wanita Kaget Lihat....

  1. Dream - Seorang wanita terkejut saat belanja keperluan dapur di pasar. Dia melihat sekawanan tikus berada di tumpukan cabe kering yang disimpan wadah tembus pandang.

    Wanita yang diketahui bernama Winnie Tan itu segera memfoto tikus-tikus tersebut. Seperti banyak dilakukan peselancar dunia maya, Winnie lantas mengunggah foto itu di akun Facebook milik dia.

    Winnie mengatakan foto tersebut dia ambil saat berada di pasar besar Terengganu, Malaysia. Dia memperirakan ada sekitar 10 ekor tikus di dalam tumpukan cabe kering tersebut.

    Unggahan tersebut langsung menjadi viral. Tidak hanya itu, sejumlah netizen ramai membincangkan foto tersebut.

    Sebagian besar netizen mengaku geli melihat foto tersebut. Mereka merasa jijik jika harus membayangkan makanan yang telah dicemari tikus.

    Netizen lantas meminta pihak yang berwenang segera bertindak atas kasus ini. Mereka menilai pihak pengelola pasar besar telah mengabaikan aturan kebersihan.

    Sumber: mynewshub.cc

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis