Geger Tikus-Tikus Sebesar Kelinci Serbu Kota, Warga Mengungsi

Reporter : Sugiono
Rabu, 19 Agustus 2020 13:46
Geger Tikus-Tikus Sebesar Kelinci Serbu Kota, Warga Mengungsi
Awalnya dikira kelinci terjebak perangkap tikus, tak tahunya tikus beneran.

Dream - Binatang tikus biasanya berukuran tak lebih besar dari seekor marmut atau hamster. Tapi tikus-tikus yang tinggal di Merseyside, Inggris, ini bikin orang yang melihatnya ketakutan.

Ukuran mereka besar-besar. Bisa dibilang ukuran tubuh tikus-tikus di Sefton Road, Litherland, ini sama besarnya dengan seekor kelinci.

Hama tikus sebesar kelinci ini telah meresahkan warga Sefton Road. Selain sulit diberantas, ukuran tikus-tikus ini makin hari makin membesar.

1 dari 4 halaman

Ukurannya Tidak Normal, Sebesar Kelinci

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, seorang warga memamerkan tikus sebesar kelinci yang terjebak dalam perangkap tikus.

Tikus yang tertangkap besarnya sama dengan seekor kelinci.© Liverpool ECHO

Hewan pengerat itu berlari-lari di dalamnya. Jika dilihat dari ukurannya, besarnya sekitar dua kali ukuran tikus normal.

" Yang ini baru saja masuk rumah. Kami menangkap lima ekor selama lockdown. Tapi ini yang terbesar," kata warga tersebut.

2 dari 4 halaman

Awalnya Dikira Kelinci yang Terjebak Perangkap Tikus

Dia awalnya mengira yang terperangkap di jebakan tikus itu adalah kelinci karena saking besarnya.

Awalnya dikira kelinci yang terperangkap jebakan tikus.© Liverpool ECHO

" Kami sudah berusaha menutupnya, tapi mereka selalu bisa mencari jalan masuk yang baru. Mereka sudah mengambil alih kota," katanya.

Sementara itu, warga bernama Sandra Berry yang tinggal di Peel Road, terpaksa mengungsi bersama putrinya karena sudah tak tahan dengan tikus-tikus itu.

3 dari 4 halaman

Tidak Tahu Dari mana Mereka Datang

" Saya yakin orang-orang di Bootle mengira hama tikus ini akibat sampah yang dibuang sembarangan.

" Tapi bukan seperti itu yang terjadi di sini. Kami selalu bersih. Kami tidak membuang sampah yang mengundang lalat dan semacamnya.

" Saya sendiri tidak tahu dari mana mereka (tikus-tikus) datang," katanya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Aktivitas Tikus Meningkat

Sementara itu, juru bicara Dewan Kota Sefton mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa ada masalah tikus yang signifikan di Litherland.

" Namun, tim pengendalian hama kami baru-baru ini terus melakukan pengumpanan sistematis pada sistem saluran pembuangan, yang akan membantu mengurangi populasi hewan pengerat itu," katanya.

Menurutnya, meningkatnya aktivitas tikus bisa disebabkan berbagai masalah. Mulai dari masalah drainase, pembuangan sampah yang sembarangan, atau pemberian makanan yang berlebihan pada burung di taman.

" Yang memungkinkan tikus keluar dari saluran pembuangan dan memberi mereka tempat berlindung, keamanan, dan sumber makanan," katanya.

Sumber: Daily Star

Beri Komentar