Wow, Akuarium Ini Koleksi Ular Piton Terpanjang dan Terbesar di Dunia

Reporter : Sugiono
Rabu, 6 Oktober 2021 12:45
Wow, Akuarium Ini Koleksi Ular Piton Terpanjang dan Terbesar di Dunia
Super Snake akan tinggal di Zona Hutan Basah bersama dengan lebih dari 8.000 binatang liar hutan hujan tropis lainnya.

Dream - Destinasi wisata dan pusat bisnis Al Qana di Abu Dhabi kini memiliki koleksi seekor ular sanca batik atau biasa disebut ular piton.

Ular piton yang satu ini bukan kaleng-kaleng. Tapi ini adalah ular piton raksasa dan merupakan yang terbesar di dunia.

Dinamakan Super Snake, ular piton tersebut akan menjadi penghuni salah satu destinasi di Al Qana yang disebut dengan Akuarium Nasional (The National Aquarium).

Ular sanca batik yang digadang-gadang jadi 'pajangan' ikonik di Akuarium Nasional tersebut berjenis kelamin betina dan berusia 14 tahun.

1 dari 4 halaman

Ular Piton Terbesar yang Dipamerkan di Dunia

Seperti diketahui sanca batik atau piton adalah ras ular terpanjang di dunia. Panjang ular piton biasanya mencapai 6,25 meter, dengan yang terbesar tercatat sepanjang 10 meter.

Akuarium di Abu Dhabi koleksi ular piton raksasa, terbesar di dunia.© Cuplikan Video The National Aquarium

Namun dengan panjang mencapai tujuh meter, Super Snake merupakan salah satu ular piton terbesar yang pernah dipamerkan di dunia.

Akuarium di Abu Dhabi koleksi ular piton raksasa, terbesar di dunia.© The National Aquarium

Dibutuhkan 12 orang untuk memegang reptil yang luar biasa ini. Super Snake yang berbobot 115 kilogram di diberi makan bebek dan kelinci.

2 dari 4 halaman

Hidup di Penangkaran Selama 14 Tahun

Ular piton yang dipamerkan di Akuarium Nasional ini tidak diambil dari alam liar. Tapi dilahirkan melalui program penangkaran di Los Angeles, Amerika Serikat.

Jadi, ular piton raksasa tersebut telah terbiasa kontak dengan manusia selama 14 tahun di pusat penangkarannya. Meski begitu, penjaga Nasional Akuarium tetap akan waspada dan berhati-hati.

“ Meskipun Super Snake adalah hewan penangkaran, kita sebagai pengasuhnya tetap harus waspada dan berhati-hati di sekitarnya,” kata Beatriz Maquieira, kurator di The National Aquarium.

“ Kami tidak sabar menunggu publik untuk bertemu dengannya dan mengetahui kepribadiannya yang sedikit unik," kata Beatriz Maquieira, kurator di The National Aquarium.

Maquieira menambahkan, Super Snake akan tinggal di Zona Hutan Basah yang merupakan bagian dari Akuarium Nasional, bersama dengan lebih dari 8.000 binatang liar hutan hujan tropis lainnya.

3 dari 4 halaman

Mampu Menelan Mangsa yang Lebih Besar

Banyak ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara, sanca batik atau piton termasuk jenis ular tidak berbisa. Mereka membunuh dengan membelit dan mencekik mangsanya.

Akuarium di Abu Dhabi koleksi ular piton raksasa, terbesar di dunia.© The National Aquarium

Rahang ular piton terhubung oleh ligamen yang sangat fleksibel, memungkinkan ular jenis ini untuk melahap dan menelan mangsa berukuran besar secara utuh.

Meski dilaporkan pernah menelan manusia atau hewan yang lebih besar lainnya, namun diet alami ular piton dewasa adalah hewan pengerat yang lebih kecil.

4 dari 4 halaman

Rumah Bagi 46.000 Jenis Binatang

Akuarium Nasional adalah bagian dari Al Qana, destinasi liburan dan bisnis baru yang terletak di tepi laut. Di Akuarium Nasional terdapat 46.000 jenis binatang yang tersebar di 10 zona.

Destinasi ini akan menjadi akuarium terbesar di Timur Tengah dan dijadwalkan diluncurkan pada kuartal terakhir tahun 2021.

Satwa liar yang hidup di sana akan dirawat oleh tim yang terdiri dari 80 ahli kehidupan laut dan ilmuwan.

Sumber: The National News

Beri Komentar