12 Jawaban Serius dan Kocak Jika Ditanya ‘Kapan Akan Menikah?’ Saat Berlebaran

Reporter : Reni Novita Sari
Sabtu, 23 Mei 2020 15:48
12 Jawaban Serius dan Kocak Jika Ditanya ‘Kapan Akan Menikah?’ Saat Berlebaran
Pernahkah kalian ditanya kapan nikah?

Dream- Lebaran menjadi momen yang ditunggu banyak umat muslim di Tanah Air. Saat kondisi normal, momen Idul Fitri adalah saat di mana hampir semua anggota keluarga akan berkumpul. Anak-anak yang masih lajang maupun sudah menikah dan mempunya buah hati akan bertemu lagi dengan orang tuanya sepanjang waktu lebaran.  

Tak hanya menikmati hidangan lebaran bersama, saat berkumpul kita tentu akan banyak berbincang dengan kakek, nenek, om, tante dan juga sepupu hingga keponakan. Walaupun lebaran tahun ini hanya dapat dilalui dengan keluarga dekat karena covid-19, hal ini tidak mengurangi kebiasaan yang dilakukan ketika lebaran tiba. Salah satunya dengan saling memberi kabar dengan sanak keluarga melalui sambungan telepon atau pesan di sosial media.

Tak jarang dari mereka yang kerap menanyakan pertanyaan pribadi seperti yang sering ditakuti banyak para jomblo yang telah berusia matang, yaitu pertanyaan kapan menikah.

Pertanyaan pribadi " kapan nikah" , " mana calonnya" kerap muncul dari anggota keluarga atau teman. Tak perlu risau atau kesal. Kamu dapat menepis pertanyaan tersebut dengan cara yang tepat.

Bisa dikatakan pertanyaan tersebut menjadi teror sendiri bagi kalian, oleh sebab itu berikut ini Dream rangkum dari beberapa sumber  12 solusi bijak dalam menjawabnya.

1 dari 3 halaman

1. Tanggapi dengan Sopan

 jawaban kapan nikah© Ilustrasi foto : freepik

Berikan jawaban jujur dan sederhana. Jika ada yang bertanya mengenai rencana pernikahan, Kamu tinggal menjawab " Saya tidak tahu" , " Saya tidak yakin saya akan menikah dalam waktu dekat," atau " Saya belum siap menikah" .

Beberapa tanggapan yang sopan diantaranya: " Kami masih saling mengenal satu sama lain." Ataupun,

" Saya harus selektif, tidak mau terburu-buru."

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan pertanyaan yang diajukan, jangan membuatnya tersinggung. Kamu bisa lindari menanggapi pertanyaan mereka dengan tanyakan sesuatu yang berbeda atau mengalihkan pembicaraan dengan sopan. Seperti:

" Rencana liburan kemana. Apakah kita akan buat acara makan di rumah atau hiking?" " Ngomong-ngomong, bagaimana acara kelulusanmu kemarin?

2 dari 3 halaman

2. Kembalikan dengan Humor

Cara yang baik menanggapi mereka yang usil ingin mengorek kehidupan pribadi kamu bisa dengan sedikit lelucon. 

Lebaran KUA tutup

Alasan ini banyak digunakan saat ditanya soal kapan nikah. Bedanya, bukan cuma saat Lebaran saja, kini KUA juga sedang tidak melayani orang yang hendak menikah karena pandemi Covid-19.

Jadi, kamu pun bisa beralasan bahwa butuh waktu lama sampai kamu bisa merencanakan pernikahan.

Jodoh belum terlihat

Tidak ada salahnya mengaku jujur bahwa kamu masih belum menemukan jodoh yang tepat untuk dibawa ke jenjang pernikahan.

Ditambah, karantina di rumah aja membuatmu susah untuk berkenalan dengan orang baru hingga PDKT.

Beri jawaban normatif, " Doakan saja."

Kalau kamu sudah malas berdebat, mintalah mereka untuk mendoakanmu saja agar bisa cepat bertemu jodoh.

Jika sudah minta didoakan, biasanya lawan bicaramu pun akan enggan memperpanjang topik obrolan.

Mau kasih kado apa?

Terakhir, kamu bisa membalas pertanyaan mereka dengan balik bertanya, " Kamu mau kasih kado apa? Siap nyumbang berapa?"

Jengah, banyak orang kepoin kamu dengan bertanya kapan nikah? Langsung saja timpali pakai jawaban “ kalau diundang, memang mau ngasih kado apa? Aku maunya berlian lho.” Bisa juga “ mau ngamplop berapa?” Sesekali memang perlu jawaban menohok supaya mereka ‘mati kutu.’ Syukur-syukur sadar bahwa pertanyaan mereka itu sangat mengganggu.

Bila yang bertanya kapan nikah adalah cowok atau cewek yang masih jomblo, kamu bisa balas dengan jawaban “ nanti kalau diundang, kamu bingung mau datang sama siapa. Kan kamu jones juga (jomblo ngenes).” Kapok deh nanya mulu.

Hilal jodoh belum terlihat

Memang bulan puasa saja yang harus menunggu hilal. Jodohpun sama. Kalau kata Afgan “ Jodoh Pasti Bertemu.” Jika sudah waktunya bertemu dan dipersatukan dengan jodohmu, pasti akan terjadi kok. Karena memang belum ada tanda-tanda bertemu, ya bilang saja: “ Hilal jodoh belum terlihat. Jadi nunggu hilal dulu.”

Nanti ya, kalau enggak Sabtu, ya Minggu

 jawaban kapan nikah© Ilustrasi foto : freepik

Ketika ditanya kapan nikah, selow saja, enggak usah panik. Tipe jawaban “ nanti ya, kalau enggak Sabtu, ya Minggu,” paling mudah diucapkan saat muncul pertanyaan kapan nikah dengan nada guyon. Toh memang benar kan, pernikahan biasanya digelar kalau enggak hari Sabtu atau Minggu.

Rencananya Mei tahun depan. Maybe yes, maybe no

Saat ditanya kapan nikah, bilang saja ”rencananya sih Mei tahun depan.” Langsung deh teman atau saudaramu makin kepo. Terus kamu lanjutin saja dengan kalimat “ maybe yes, maybe no,” sambil berlalu pergi. Beres kan.

Sudah dong! Nih lihat cincin kawin aku yang transparan

Ada orang yang bertanya kapan nikah dengan nada bercanda maupun nada menyindir. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut “ sudah dong! Lihat nih cincin kawin aku. Warnanya transparan. Lihat enggak? Kalau enggak bisa lihat berarti amal soleh kamu kurang.” Gampang kan.

Memang mau nyariin calonnya?

awaban ini juga bisa kamu coba untuk membalas pertanyaan kapan nikah, “ memang mau nyariin calon buat aku?” Dengan cara tersebut, bisa jadi teman, saudara, orangtuamu betul-betul mencarikan jodoh untukmu. Mulai dari perkenalan, tahap pendekatan, jadian, dan enggak lama langsung married.

Besok, kalau enggak hujan

Ini sih jawaban sekaligus doa,“ besok ya, kalau enggak hujan.” Siapa tahu saja besok beneran kamu dilamar atau melamar seseorang dan akhirnya menikah. Hidup kan penuh misteri, termasuk soal jodoh.

Calonnya masih dijagain Tuhan

Sekarang kan lagi ngetren kisah cinta pacaran bertahun-tahun, tapi bersandingnya dengan orang lain. Nah kamu bisa jawab pertanyaan kapan nikah dengan mengatakan “ calonku masih dijagain Tuhan. Kalau sudah waktunya pasti dilepas buatku. Daripada aku yang jagain lama, nanti kawinnya malah sama orang lain.”

Dijamin deh orangtua, om, tante, tetangga, bahkan temanmu bakal langsung merembet ngegosip “ oh iya ya, kayak Mbak Bulan (Luna Maya) dan Reino Barack. Pacaran 5 tahun, nikahnya sama Syahrini.” Ngeles kamu berhasil kan.

Doain aja segera ya

Sudah menimpali pertanyaan kapan nikah dengan berbagai jawaban, tapi belum mempan juga, ya sudah pasrah aja. Cari jawaban diplomatis yang bisa menjadi doa untukmu, “ doain aja segera ya.” Biasanya jika kamu melontarkan jawaban tersebut, orang yang bertanya akan mengamininya.

 

 jawaban kapan nikah© Ilustrasi foto : freepik

 

3 dari 3 halaman

3. Cara Menghadapi Stress Saat Ditanya Kapan Nikah

Kenali mereka yang bertanya. Sebagian mungkin hanya usil, yang lainnya benar-benar peduli padamu. Setuju atau tidak dengan pendapat mereka, hal ini tidak akan mengubah siapa kamu.   Jika terganggu oleh pertanyaan mengenai pernikahan, akui bahwa hal itu mengganggumu.  Kamu memiliki kekuatan, bakat, dan tujuan hidup pribadi yang bisa berbeda dari orang lain. Cobalah fokus pada hal yang membanggakan dan berkualitas dalam diri kamu.

Tekanan untuk segera menikah dari orang-orang terdekat pasti akan selalu ada. Jangan diambil pusing. Kamu harus tetap berpikir positif, karena mungkin mereka bertanya kapan nikah karena peduli terhadapmu. Begitupun ke Tuhan, percayalah bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan. Sambil menunggu jodoh, yuk kita memperbaiki dan memantaskan diri. 

Beri Komentar